Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Terapi Autisme pada Sekolah Inklusi

Amelia, Tan, Sunarto, M.J. Dewiyani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9232-1714 and Soebijono, Tony (2015) Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Terapi Autisme pada Sekolah Inklusi. In: Digital Information & Systems Conference. DISC, 7 (1). Universitas Kristen Maranatha, Bandung, pp. 64-67. ISBN 978-979-1194-11-2

[img]
Preview
Text
DISC_Sistem_Informasi_Monitoring_Perkembangan_Terapi_Autisme_Pada_Sekolah_Inklusi.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview

Abstract

Seorang anak autisme memiliki gangguan sehingga terjadi keterlambatan usia mental dengan usia kronologinya. Salah satu hal terpenting dalam proses penyembuhan anak autisme adalah dengan sebuah terapi yang rutin dan dalam kurun waktu yang lama. Terapi yang selama ini sering digunakan pada sekolah inklusi adalah terapi perilaku dengan menggunakan metode Applied Behaviour Analysis (ABA). Dengan metode ini, seorang pendidik dalam melakukan proses terapi anak autis yang berusia 2 sampai 3 tahun memerlukan 2,5 sampai 3 tahun pencatatan. Pencatatan harus dilakukan dengan tertib, karena tanpa pencatatan yang tertib, akan terjadi banyak kelupaan, baik program terapi maupun hasil terapinya. Dari pencatatan yang didapat, maka pendidik dapat merencanakan materi untuk program terapi berikutnya bagi anak didiknya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat suatu sistem informasi yang dapat membantu pihak sekolah dalam menyusun penjadwalan guru, menyusun program terapi, melakukan penilaian harian dan maintenance, dan menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan dalam proses terapi agar memudahkan dalam memonitor perkembangan anak.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: autisme, terapi ABA, program terapi
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Perpustakaan > Prosiding/Call for Papers
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 28 Jan 2016 10:44
Last Modified: 05 Dec 2019 07:40
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1435

Actions (login required)

View Item View Item