TA : Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Antrian Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Menggunakan Metode Next-Event Time Advance

Nurfaisal, Nurfaisal (2014) TA : Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Antrian Pelayanan Restoran Cepat Saji dengan Menggunakan Metode Next-Event Time Advance. Undergraduate thesis, Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Restoran cepat saji merupakan perusahaan yang sangat mengutamakan kualitas pelayanan. Awal kemunculan restoran ini langsung menarik minat cukup tinggi pada konsumen. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya konsumen, masalah demi masalah mulai timbul. Mulai dari permasalahan lamanya konsumen dilayani yang mengakibatkan waktu tunggu konsumen lain untuk mendapatkan pelayanan menjadi semakin lama, permasalahan lain seperti kapan harus membuka counter dengan jumlah yang sedikit ketika kondisi restoran tidak begitu ramai, hingga sampai pemasalahan kapan waktu yang tepat membuka counter baru untuk kondisi restoran yang ramai yang mengakibatkan panjangnya antrian. Berdasarkan permasalahan ini, maka dibuat rancang bangun aplikasi simulasi antrian pelayanan restoran cepat saji untuk membantu pihak manajer dalam membuat keputusan tentang jumlah counter yang harus dibuka dengan menggunakan metode next-event time advance. Next-event time advance akan menjalankan simulasi dengan menggunakan bilangan acak yang dibangkitkan dengan distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi simulasi antrian pelayanan ini telah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembuatan penelitian ini., terbukti dengan hasil uji coba aplikasi yang dilaksanakan kepada lima manager area di setiap restoran cepat saji berbeda di Surabaya dengan hasil 78% yang termasuk dalam kategori baik menurut teori skala likert.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nurfaisal (06410100118)
Uncontrolled Keywords: antrian, simulasi, restoran
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:05
Last Modified: 21 Nov 2018 09:18
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item