TA : Perancangan Game Bergenre Side Scrolling Adventure Bertemakan Seni Budaya Dayak Punan Berjudul "Dayak" Sebagai Upaya Memperkenalkan Budaya Kalimantan

Arifin, Muhamad Shochiful (2016) TA : Perancangan Game Bergenre Side Scrolling Adventure Bertemakan Seni Budaya Dayak Punan Berjudul "Dayak" Sebagai Upaya Memperkenalkan Budaya Kalimantan. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat game bergenre sidescroll adventure game bertemakan seni Budaya Dayak Punan sebagai upaya memperkenalkan Budaya Kalimantan. Hal ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman, membuat masyarakat akan terbawa arus globalisasi sehingga membuat sedikit demi sedikit telah menjauhi dan mulai melupakan Budaya tradisional bangsa Indonesia. Pengaplikasian alur dalam game ini sesuai dengan Budaya suku Dayak Punan. Hal ini dilakukan agar pemain dapat mengetahui keanekaragaman Budaya suku Dayak Punan di Kalimantan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui pusta, wawancara, dan observasi. Pengumpulan data meliputi data side scrolling dan data mengenai Seni Budaya Dayak Punan. Keyword setiap data dianalisa. Keyword yang memiliki kesamaan diantara metode pustaka, wawancara dan observasi digunakan sebagai acuan pencarian keyword. Berbagai keyword yang dapat dianalisa data disimpulkan menjadi satu keyword yang menjadi kunci pembuatan karya. Keyword yang didapat adalah creative culture. Dalam pembuatan game bergenre side scrolling adventure dapat memberikan informasi tentang Seni Budaya Dayak kepada pemain dengan cara yang menyenangkan. Game genre side scrolling adventure yang digunakan juga dapat mengurangi dampak negatif dari game, namun tidak mengurangi sisi positif bermain game karena gameplay sederhana, mudah dipahamidan terdapat batasan kesempatan bermain. Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat menciptakan suatu media yang dapat memberikan informasi tentang seni budaya Dayak Punan di Kalimantan dengan cara yang menyenangkan.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhamad Shochiful Arifin (12510160052)
Uncontrolled Keywords: Game, side scroll adventure, suku Dayak Punan, Budaya, Kalimantan
Subjects: 700 - Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 13 Jan 2017 01:44
Last Modified: 13 Jan 2017 01:44
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item