TA : Pemodelan dan Simulasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Lima Tahunan pada Samsat Surabaya Selatan

Soebijantoro, Raymond Andreas (2017) TA : Pemodelan dan Simulasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Lima Tahunan pada Samsat Surabaya Selatan. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_isi.pdf - Accepted Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview

Abstract

Kantor Sistem Pelayanan Satu Atap (Samsat) Surabaya merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan kepada publik/masyarakat salah satunya adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), merupakan proses perpanjangan pajak kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang dilakukan secara rutin setahun sekali dan juga lima tahun sekali. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masyarakat harus mengantri selama 1 sampai 12 menit untuk mendapatkan pelayanan. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, pada penelitian ini dilakukan pemodelan dan simulasi pada sistem antrian pelayanan pembayaran pajak kendaraan lima tahunan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatat waktu antar kedatangan pengunjung, waktu tunggu pengunjung, dan waktu pelayanan pengunjung. Selanjutnya dilakukan proses perhitungan distribusi gamma menggunakan data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Hasil distribusi akan digunakan sebagai acuan untuk proses simulasi. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi untuk melakukan beberapa perubahan parameter pada proses bisnis Samsat Surabaya Selatan yaitu mengubah jumlah loket pelayanan dari 2 loket menjadi 4 loket dan mengubah jam pelayanan dari 5 jam menjadi 6 jam.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Raymond Andreas Soebijantoro (13410100083)
Uncontrolled Keywords: Pemodelan Dan Simulasi, Sistem Antrian, Distribusi, Samsat
Subjects: 300 – Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 21 Nov 2017 05:04
Last Modified: 21 Nov 2017 05:04
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item