TA : Analisis Karakteristik Paket Data pada Lalu Lintas Data Internet : Aplikasi Game Online

Apriyatna, GP Ade (2015) TA : Analisis Karakteristik Paket Data pada Lalu Lintas Data Internet : Aplikasi Game Online. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
08410200063_2015_COVER.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_DAFTAR-ISI.pdf - Accepted Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_BAB-I.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_BAB-II.pdf - Accepted Version

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_BAB-III.pdf - Accepted Version

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_BAB-IV.pdf - Accepted Version

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_BAB-V.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08410200063_2015_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, game yang terdahulu hanya bisa dimainkan oleh maksimal dua orang, sekarang dapat dimainkan lebih dari 10 orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan secara online menggunakan jaringan internet. Untuk mengetahui kualitas jaringan pada aplikasi game online, maka analisis QoS wajib dilakukan mencakup penggunaan bandwidth yang tepat, delay serta jitter yang terkontrol, dan pengurangan packet loss. Dan juga melakukan analisis parameter statistik agar data dapat ditampilkan dengan mudah. Dengan analisis lalu lintas data internet untuk aplikasi game online, maka QoS dapat digunakan sebagai dasar pemberian prioritas kepada aplikasi game online tertentu dengan cara mengalokasikan resource yang ada untuk aplikasi-aplikasi yang berbeda dalam sebuah jaringan. Diharapkan analisis ini dapat membantu administrator jaringan dalam hal desain jaringan yang lebih baik ke depannya. Berdasarkan hasil pengujian didapat nilai parameter-parameter QoS sebagai berikut: nilai rata-rata delay terbesar didapat 0.96 detik dan nilai jitter sebesar 0.1146 detik, dan nilai prosentase terjadinya packet loss yang didapat adalah 0 %. Nilai utilisasi bandwidth aplikasi game online berdasarkan analisis adalah sebesar 11.73255 % atau 1.173255 Mbps dari 10 Mbps bandwidth yang disediakan. Distribusi panjang paket data mendekati distribusi Lognormal untuk waktu pagi, siang dan malam hari.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: GP. Ade Apriyatna (08410200063)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Quality of Service, Delay, Jitter, Packet Loss, Utilisasi Bandwidth, Fitting Distribusi
Subjects: 000 - Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Teknik Komputer
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:01
Last Modified: 13 Aug 2018 02:01
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item