LP : Komodifikasi Karakter Kartun Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Iklan Animasi Es Krim Paddle Pop

Patricia, Florens Debora ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5914-9120 and Fahminnansih, Fenty (2018) LP : Komodifikasi Karakter Kartun Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Iklan Animasi Es Krim Paddle Pop. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
2018-DEBORAH-DIKTI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Wall’s adalah perusahan es krim terbesar di Indonesia yang memproduksi es krim dengan merek Paddle Pop yang memiliki karakter kartun singa bernama Paddle Pop yang sangat original dan unik dan akrab dengan generasi milenial (gen y dan z). Pasa awalnya karakter kartun Paddle Pop memiliki visualisasi 2 dimensi pada tahun 2000an, namun seiring berkembangnya jaman karakter Paddle Pop berevolusi menjadi 3 dimensi yang lebih dinamis dan atraktif sehingga semakin akrab dengan konsumen anak-anak. Tujuan dari penelitian ini mengkaji komodifikasi karakter kartun sebagai media komunikasi visual pada iklan animasi es krim Paddle pop dan makna visual karakter kartun Singa Paddle Pop pada iklan animasi es krim Paddle Pop melalui pendekatan Critical Discourse Analysis Norman Fairclough dan Semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan metode analisis wacana kritis (Critical Discourse Analysis/CDA) yang dikembangkan oleh Norman Fairclough. Dan kerangka semiotika Barthes untuk memenuhi kebutuhan pembacaan atas teks berupa musik/lagu dan visualisasi karakter kartun Singa Paddle Pop. Rencana dan tahapan kegiatan penelitian ini pertama, melakukan identifikasi data dengan mengadopsi tahapan design thinking oleh Bryan Lawson dan Tim Brown. Kedua eskplorasi data meliputi kajian teori komodifikasi, animasi, periklanan dan penelitian relevan sebagai referensi dan memperkuat analisis pada penelitian ini. Ketiga analisis wacana kritis (Critical Discourse Analysis/CDA) oleh Norman Fairclough, denagn fokus penelitian diawali dari dimensi teks, praktik wacana, hingga praktek sosiokultural. Untuk membongkar makna di balik teks, selain menggunakan kerangka analisis critical lingusitic yang dikembangkan Fairclough untuk membaca aspek narasi iklan animasi Paddle Pop, kutipan wawancara dengan narasumber, dan kutipan suara alami pada iklan animasi Paddle Pop, penulis juga menggunakan kerangka semiotika Roland Barthes untuk membaca aspek visualisasi bentuk perkembangan karakter kartun Singa/Lion pada iklan animasi Paddle Pop dan ilustrasi musik. Penggunaan kerangka semiotika Barthes untuk memenuhi kebutuhan pembacaan atas teks berupa musik/lagu dan gambar yang tidak bisa didapat dari analisis Critical Linguistic Fairclough.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Nomor : 120/SP2H/LT/DRPM/2018
Subjects: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 659 Advertising & public relations
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:16
Last Modified: 19 Feb 2020 04:46
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item