LP : Analisis Penggunaan Internet pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur untuk Menembus Pasar Global dengan Metode O2O

Wardhanie, Ayouvi Poerna ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6097-3339 and Kartikasari, Puspitasari (2018) LP : Analisis Penggunaan Internet pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur untuk Menembus Pasar Global dengan Metode O2O. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya, Surabaya.

[img]
Preview
Text
laporan_akhir_AYOUVI_POERNA_WARDHANIE_S_MB__M_M.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah dalam mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk “go online” mendapat dukungan besar dari para pelaku ecommerce. Hal ini disebabkan karena kekuatan ekonomi khususnya di Indonesia sebesar 60% terletak pada UMKM. Di era mobile internet saat ini, jumlah pengguna smartphone yang telah melakukan online adalah sumber utama dalam pengembangan UMKM. Salah satu strategi yang diadopsi oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia adalah strategi Online to Offline atau Offline to Online (O2O). Model bisnis O2O tidak hanya mengubah mentalitas konsumen dan model layanan tetapi juga membawa tantangan baru bagi e-commerce tradisional. Dapat dikatakan bahwa e-commerce saat ini mencari cara baru untuk menggabungkan ekonomi online dan offline, yang merupakan tren yang tak terelakkan dalam pengembangan e-commerce. Oleh karena itu, model bisnis O2O adalah model bisnis yang tepat untuk UMKM di Jawa Timur dalam menembus pasar global, karena memiliki prospek pengembangan yang besar. Makalah ini akan membahas analisis penggunaan media internet pada UMKM Jawa Timur untuk menembus pasar global dengan metode O2O. Hasil penelitian menunjukkan data kondisi UMKM di propinsi Jawa Timur saat ini adalah 51 % UMKM masih menjalankan usahanya secara nyata atau membutuhkan tempat usaha fisik, 63% memiliki jangkauan usaha hanya disekitar lokasi fisik usaha, 78,14% UMKM mengakui bahwa konsumen mengetahui usaha mereka secara offline baik melalui getok tular, mulut ke mulut, memajang produk di toko/outlet/showroom serta melakukan promosi melalui brosur, spanduk, radio, iklan, dll. 71% UMKM yang mengalami stagnansi atau kondisi stabil, 1,9% UMKM memiliki kondisi penjualan menurun, 55% pembeli membeli produk dengan mendatangi toko serta 44% konsumen melakukan pembayaran transaksi menggunakan uang tunai


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Nomor Kontrak : 002/ST-PPM/KPJ/II/2018
Uncontrolled Keywords: Strategi O2O, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Jawa Timur, Pasar Global, E-commerce.
Subjects: 000 - Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 004 Computer science
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Annuh Liwan Nahar
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:56
Last Modified: 05 Dec 2019 07:38
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item