Rahmawati, Endra ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5666-6205 (2013) Pemodelan 3D Tengkorak Manusia Menggunakan Teknik Mapping dan Boolean Compound Object. In: Proceeding Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2013. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo, pp. 41-48. ISBN 978-602-18824-1-2
Text
08-SNFT.pdf Download (343kB) |
Search this title on : |
Abstract
Dunia grafis tiga dimensi telah mengalami kemajuan yang pesat dalam berbagai bidang, diantaranya bidang industri, arsitekur, pendidikan, kedokteran, dsb. Hal ini dapat dilihat dari sisi pemodelan dengan kompleksitas model dan material. Seiring dengan kemajuan pembuatan model 3D, teknologi multimedia juga berkembang lebih jauh menuju pemanfaatan kemampuan interaktif sebagai media atau sarana pertukaran informasi yang telah menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara seseorang untuk belajar, memperoleh dan menyesuaikan informasi. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak perkembangan teknologi multimedia tersebut adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, khususnya bidang anatomi dibutuhkan sebuah bentuk pemodelan yang dapat melakukan visualisasi model organ tubuh manusia dalam bentuk tiga dimensi, dalam hal ini difokuskan pada model tengkorak manusia. Pemodelan 3D tengkorak manusia ini dipilih karena memiliki kompleksitas struktur yang tinggi dibandingkan tulang – tulang yang lain. Melalui penelitian ini, akan dibahas 3 tahapan Pemodelan 3D Tengkorak Manusia Menggunakan Teknik Mapping dan Boolean Compound Object. Tahapan pertama adalah melakukan proses mapping gambar tengkorak dua dimensi. Hasil dari proses mapping ini berupa gabungan line dari beberapa curve verteks. Tahapan kedua adalah proses pemberian ketebalan menggunakan Modifier Extrude. Hasil modifier extrude berupa penambahan ketebahan berbentuk balok solid dari curve verteks hasil mapping. Sedangkan tahap ketiga adalah proses pembentukan objek 3D tengkorak menggunakan Boolean Compound Objek. Compund Objek merupakan proses pemotongan balok solid menjadi bentuk yg menyerupai lingkaran bola, sehingga pada tahap ini sudah dapat menghasilkan bentuk tengkorak manusia secara utuh. Hasil Pemodelan 3D Tengkorak Manusia ini dapat digunakan sebagai bahan visualisasi pada aplikasi multimedia interaktif dengan tujuan pembelajaran anatomi tubuh manusia.
Export Record
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | Tema : Kreatifitas Teknologi Untuk Daya Saing Bangsa |
Uncontrolled Keywords: | Pemodelan 3D, Tengkorak Manusia, Teknik Mapping, Boolean Compound Object |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems |
Divisions: | Perpustakaan > Prosiding/Call for Papers |
Depositing User: | Agung P. W. |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 13:08 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 15:30 |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1036 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |