Aplikasi Computer Aided Learning Untuk Mengurangi Resiko Learning Disorder Pada Anak Usia Pra Sekolah

Rahmawati, Endra ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5666-6205 (2013) Aplikasi Computer Aided Learning Untuk Mengurangi Resiko Learning Disorder Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal MONITOR, 2 (2). pp. 1-11. ISSN 2252-9861

[img] Text
04-Monitor.pdf

Download (313kB)

Search this title on : |

Abstract

Learning Disorder merupakan sebuah keadaan dimana ketika seseorang mengalami kesulitan mengerti kemampuan dasar seperti membaca, menulis, danberhitung. Hal Ini disebabkan karena orang tersebut mengalami disfungsi otak atau tidak mampu memproses informasi sebagaimana mestinya. Learning Disorder tidak hanya terjadi pada anak-anak, bahkan saat usia remaja ataupun orang dewasa juga bisa mengalami ganguan belajar ini. Learning Disorder juga dapat terjadi pada orang yang memiliki IQ tinggi (jenius). Hal ini dapat di deteksi sejak anak usia pra sekolah atau sekolah dasar, walaupun banyak juga yang terdeteksi saat remaja. Akibat terlambat terdeteksi, si penderita sering kali dianggap sebagai anak yang bodoh atau terbelakang. Computer Aided Learning (CAL) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), sebagai penggunaan komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan pelajar secara aktif. Pada dasarnya CAL merupakan suatu bentuk pemanfaatan teknologi multimedia untuk menyampaikan pelajaran. Dengan adanya CAL yang dilengkapi dengan fasilitas membaca, menulis, dan berhitung ini dapat mengurangi resiko terjadinya Learning Disorder pada anak usia pra sekolah. Para ahli psikologi sepakat anak usia dini (0-4 tahun) merupakan ”The Golden Age” atau masa emas dalam perkembangan hidup seorang manusia. Pada usia ini, anak masih berada pada tahap pra sekolah, dimana pola belajar yang melibatkan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif sangat dibutuhkan. Untuk mendukung hal tersebut, aplikasi CAL ini dibuat semenarik mungkin, dengan menggabungkan file-file multimedia, seperti file gambar, file suara, maupun file video. File-file tersebut akan dikemas sebagai fasilitas penunjang yang disediakan pada aplikasi seperti membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, pada aplikasi ini akan ditambahkan kuis sederhana untuk melatih dan menguji daya ingat anak dalam mempelajari informasi yang telah disajikan.


Export Record


Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Computer Aided Learning (CAL), Learning Disorder
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems
300 – Social sciences > 370 Education
600 – Technology > 610 Medical sciences; Medicine
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 30 Apr 2015 14:39
Last Modified: 05 Dec 2019 14:25
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1037

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item