TA : Pembuatan CD Pembelajaran Interaktif Bahasa Korea Untuk Remaja

Aussie, Syafira Ajeng Widyastuti (2014) TA : Pembuatan CD Pembelajaran Interaktif Bahasa Korea Untuk Remaja. Undergraduate thesis, STIKOM Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (152kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (257kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (748kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (122kB)

Search this title on : |

Abstract

Bahasa Korea atau Hangeul merupakan bahasa yang sedang digemari oleh anak muda saat ini. Semua ini bermula ketika hallyu atau Korean Wave yang berarti usaha negara Korea untuk memperkenalkan Korea kepada dunia internasional termasuk Indonesia. Terlebih lagi dengan adanya K-Pop (Korean Pop) yang menggelegar dan menyambangi pecinta Korea mulai tahun 2009 hingga 2010 dengan serbuan artis boy band dan girl band-nya. Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dikaji adalah bagaimana membuat CD interaktif berjudul “Let’s Learn Hangeul” yang dapat dengan mudah dipelajari oleh remaja?. Tujuan dibuatnya pembelajaran ini adalah sebagai sarana belajar huruf Hangeul bagi pemula khusunya remaja. CD interaktif merupakan sebuah media yang menegaskan sebuah format multimedia yang dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dengantujuan aplikasi interaktif didalamnya dimana user dapat menavigasikan program tersebut (Tim Medikomp, 1994). Disamping itu dari segi fungsi dan tujuan CD interaktif dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain CD interaktif company profile, pembelajaran, tutorial, simulasi, portofolio, dan catalog produk. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang berhubungan dengan pembelajaran interaktif dan bahasa Korea untuk membuat desain dan bahasan pembelajaran yang tepat. Analisis selanjutnya untuk membuat desain interaktif membutuhkan konsep, input, output, skill, software dan hardware. Setelah itu melakukan metode utama yaitu menu desain interface utama dan interface pada menu lainnya. Setelah semuanya selesai dibuat, maka tahap berikutnya diuji dan hasilnya dari interaktif ini adalah CD pembelajaran bahasa Korea dengan tampilan 2D menggunakan animasi teks, suara, dan musik yang menggambarkan suasana negara Korea itu sendiri. Desain ilustrasinya menggunakan software paint tool sai, photoshop dan adobe flash CS 5. Untuk pengembangan aplikasi pembelajaran bahasa Korea ini dibutuhkan lebih banyak animasi yang menarik serta pembahasan kosakata dan kalimat yang beragam.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syafira Ajeng Widyastuti Aussie (09510160040)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Korea, Interaktif, Remaja
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 01 Jul 2015 08:15
Last Modified: 01 Jul 2015 08:15
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1154

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item