RFID Listener Sebagai Framework Autentifikasi Sistem Informasi Perguruan Tinggi

Amelia, Tan (2015) RFID Listener Sebagai Framework Autentifikasi Sistem Informasi Perguruan Tinggi. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika (KOMUNIKA), 4 (2). pp. 86-98. ISSN 2303-1700

[img] Text
KOMUNIKA_RFID_Listener_Sebagai_Framework_Autentifikasi_Sistem_Informasi_Perguruan_Tinggi.pdf - Published Version

Download (937kB)

Search this title on : |

Abstract

Aktivitas di perguruan tinggi melingkupi beberapa hal, mulai dari penerimaan mahasiswa, administrasi akademik, perpustakaan, keuangan sampai pada sumber daya manusia dan inventori. Keseluruhan aktivitas tersebut melibatkan semua civitas akademika, baik mahasiswa, dosen, karyawan sampai pimpinan perguruan tinggi. Sistem informasi perguruan tinggi yang terintegrasi untuk melayani aktivitas-aktivitas tersebut membutuhkan keamanan sebagai syarat identifikasi dan autentifikasi. Teknologi RFID sebagai salah satu alat autentifikasi memang semakin banyak digunakan oleh perguruan tinggi, namun kegunaannya hanya sebatas untuk peminjaman buku diperpustakaan dan parkir kendaraan bermotor. Pada penelitian ini pemanfaatan Kartu Tanda Mahasiswa dan Kartu Karyawan yang menggunakan teknologi RFID dioptimalkan agar dapat menjadi alat autentifikasi untuk mengakses seluruh layanan sistem informasi perguruan tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka kartu RFID harus terhubung dengan suatu aplikasi RFID listener sebagai framework autentifikasi sebelum digunakan oleh aplikasi-aplikasi lain yang ada didalam sistem informasi perguruan tinggi.


Export Record


Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kartu RFID, Listener, Mikrokontroler, RFID reader, TCP/IP
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 28 Jan 2016 17:56
Last Modified: 28 Jan 2016 17:56
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1436

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item