Tinjauan Dasar Desain User Experience dalam Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Sagirani, Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6153-5477, Nugroho, Lukito Edi, Santosa, Paulus Insap and Kumara, Amitya (2015) Tinjauan Dasar Desain User Experience dalam Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In: Digital Information & Systems Conference. DISC, 7 (1). Universitas Kristen Maranatha, Bandung, pp. 105-110. ISBN 978-979-1194-11-2

[img]
Preview
Text
DISC2015-trisagirani-tinjauan dasar desain ux.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kini telah menjadi bagian penting dalam segala aspek kehidupan sebagai alat bantu dalam mempermudah penyelesaian sebuah aktifitas yang dilakukan manusia, tanpa terkecuali juga dalam aspek pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan kognitif. TIK mampu memfasilitasi akuisisi dan penyerapan pengetahuan juga memberikan kesempatan yang luar biasa dalam peningkatan sistem pendidikan pada sekolah luar biasa. Anak berkebutuhan khusus (ABK) mendapatkan dukungan dalam proses belajar dengan berbantuan TIK. Proses belajar dengan memperhatikan kebutuhan khusus yang ABK miliki menjadikan pembelajaran lebih efisien dan efektif. TIK membantu seorang ABK dalam proses membaca, menulis, mendengar serta melihat. Namun demikian pemanfaatan TIK dalam pembelajaran bagi ABK harus memperhatikan beberapa hal berikut ini, dalam penggunaan teks untuk belajar membaca, media pembelajaran selalu diikuti dengan audio dan visualisasi berupa gambar, animasi ataupun video untuk mempermudah proses penyerapan informasi. Pemanfataan kata atau kalimat ditampilkan dalam bentuk yang paling sederhana dan digunakan secara berulang, dan ditulis dengan jenis teks yang simple, mudah dibaca dan ukuran yang lebih besar dari yang biasa digunakan untuk anak normal. Penelitian ini akan menyampaikan konsep-konsep sederhana yang perlu diperhatikan bagi guru ataupun pengembang media pembelajaran dengan harapan produk yang mereka hasilkan dalam bentuk media pembelajaran memiliki perhatian terhadap konten, penyajian, fungsionalitas dan interaksi ABK dengan media pembelajaran. Dengan memperhatikan beberapa hal dasar ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman ABK dalam proses akuisisi dan penyerapan pengetahuan sebagai bekal hidup mandiri ketika mereka dewasa.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, anak berkebutuhan khusus
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Perpustakaan > Prosiding/Call for Papers
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 06 Apr 2016 15:59
Last Modified: 14 May 2019 10:36
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item