Fungsi Ruang Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Learning Commons (Studi di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Perpustakaan Universitas Kristen PETRA Surabaya)

Kumalawati, Deasy ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0415-4130 (2015) Fungsi Ruang Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Learning Commons (Studi di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan Perpustakaan Universitas Kristen PETRA Surabaya). Masters thesis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tesis S2 UGM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Learning commons merupakan model pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi dengan memanfaatkan ruang perpustakaan untuk difungsikan sebagai tempat terselenggaranya kegiatan pembelajaran dan berbagai kegiatan lainnya. Learning commons hadir sebagai jawaban adanya perubahan kebutuhan terhadap perpustakaan oleh pemustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang bagaimana Perpustakaan ITS Surabaya dan Perpustakaan UK Petra Surabaya memanfaatkan fungsi ruang perpustakaan dengan berbasis pada konsep learning commons. Aspek yang akan ditinjau yaitu library as place, library as one-stop shopping dan library as community hub. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan melibatkan 7 informan, yaitu Kepala Perpustakaan, Kepala sub Bagian, dan Koordinator Ruang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi dan kebutuhan terhadap perpustakaan pada pemustaka di Perpustakaan ITS Surabaya dan Perpustakaan UK Petra Surabaya telah berubah sehingga Perpustakaan ITS Surabaya dan Perpustakaan UK Petra Surabaya mulai memberikan fokus bukan hanya kepada pengadaan koleksi bahan pustaka tetapi juga kepada pengadaan ruang dan fasilitas sebagai realisasi library as place. Library as „one-stop shopping‟ di Perpustakaan ITS Surabaya diterapkan dengan menyediakan fasilitas laboratorium komputer dan printer yang tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada pemustaka menyelesaikan tugas perkuliahannya. Perpustakaan UK Petra Surabaya menerapkannya dengan cara memberikan layanan terintegrasi berupa layanan informasi dalam bentuk digital signage, layanan referenasi dan layanan bimbingan pemustaka tentang tata cara pemanfaatan perpustakaan, dan pelatihan metode penulisan skripsi. Library as community hub di Perpustakaan UK Petra Surabaya diterapkan dengan mengadakan kegiatan yang mengajak pemustaka untuk terlibat, seperti pameran hasil karya mahasiswa dan kegiatan lomba tentang perpustakaan. Kegiatan yang diadakan di Perpustakaan ITS Surabaya berupa seminar dan workshop dan peran mahasiswa adalah sebagai peserta.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan perguruan tinggi, pemanfaatan fungsi ruang, learning commons
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 03 Jun 2016 09:26
Last Modified: 18 Jun 2019 16:06
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item