TA : Rancang Bangun Aplikasi Belajar Web Hacking Berbasis Jejaring Sosial (Facebook)

Astamal, Rio (2013) TA : Rancang Bangun Aplikasi Belajar Web Hacking Berbasis Jejaring Sosial (Facebook). Undergraduate thesis, Stikom Surabaya.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI.pdf - Accepted Version

Download (173kB)
[img] Text
BAB_I.pdf - Accepted Version

Download (211kB)
[img] Text
BAB_II.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf - Accepted Version

Download (7MB)
[img] Text
BAB_V.pdf - Accepted Version

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (199kB)

Search this title on : |

Abstract

Pengetahuan tentang berbagai celah keamanan aplikasi berbasis web diperlukan agar aplikasi web yang dibangun tidak berpotensi memiliki celah keamanan. Problem-based learning dikombinasikan dengan Simulation-based Learning digunakan sebagai strategi pembelajaran untuk menciptakan kondisi agar web developer belajar dengan mandiri lewat aplikasi-aplikasi bercelah yang telah disimulasikan. Aplikasi Belajar Web Hacking merupakan aplikasi berbasis web yang berisi serangkaian soal keamanan web dan berfitur jejaring sosial lewat integrasi dengan Facebook. Terdapat 22 soal dan maksimum 1000 poin, dibagi dalam tiga kategori yaitu 7 soal Basic Mission (150 poin), 8 soal Javascript Mission (150 poin) dan 7 soal Realistic Mission (700 poin). Jawaban tersebut didapat dengan cara web developer harus melakukan hacking terhadap aplikasi web yang telah disediakan. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan metode Agile Model-Driven Development (AMDD). Berdasarkan hasil pengujian aplikasi dapat terintegrasi dengan Facebook dan dapat menyajikan 22 misi (soal) dalam tiga kategori yaitu Basic Mission, Javascript Mission, dan Realistic Mission. Prosentase penyelesaian misi dari tiap-tiap kategori dan rata-rata perolehan poin dari 10 web developer yang diuji adalah Basic Mission 34,28% (35,7 poin), Javascript Mission 58,75% (74,4 poin) dan Realistic Mission 22,85% (61,6 poin). Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa prosentase penyelesaian dari web developer untuk Basic Mission dan Realistic Mission masih rendah karena dibawah 50%.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Rio Astamal (06410100094)
Uncontrolled Keywords: hacking, learning, problem based, security, social network, simulation based
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:35
Last Modified: 31 Aug 2016 07:35
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/1561

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item