TA : Analisis Kualitas Pelayanan Pelaporan Pajak dengan E-Filling Menurut Persepsi Kantor Konsultan Pajak Surabaya

Diannisa, Marsya Adelia Rosyid (2018) TA : Analisis Kualitas Pelayanan Pelaporan Pajak dengan E-Filling Menurut Persepsi Kantor Konsultan Pajak Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
14410110013-2018-COMPLETE.pdf - Accepted Version

Download (52MB)

Search this title on : |

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan suatu kementrian yang di bawah kementrian keuangan. DJP bertugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis dalam bidang perpajakan. DJP memiliki website resmi untuk melakukan pelaporan pajak yaitu http://djponline.pajak.go.id. Pada website terdapat fitur yang bermacam-macam yaitu E-Filling, E-Billing, E-SPT, dan lain-lain. E-Filling merupakan wadah penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara elektronik. Secara Keseluruhan E-Filling akan memudahkan masyarakat melakukan pelaporan pajak karena diwajibkan lapor bagi pemilik Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Permasalahan saat ini terdapat beberapa keluhan dari pengguna E-Filling seperti Kantor Konsultan Pajak pada saat melakukan pengisian data yaitu adanya ketidaksesuaian hasil perhitungan pajak perorangan dengan aset yang dimiliki, nomor token yang dikirimkan pada email sering terjadi kesalahan dengan tulisan "kode verifikasi tidak valid" dan tidak menerima bukti penerimaan elektronik pada saat selesai mengirim laporan SPT. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini dilakukan analisis kualitas pelayanan pelaporan pajak dengan E-Filling menurut persepsi kantor konsultan pajak. Analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Electronic Service Quality (E-Servqual). E-Servqual memiliki 11 dimensi yaitu reliability, responsiveness, access, flexibility, ease of navigation, efficiency, assurance/trust, security/privacy, price knowledge, site aesthetics, customization/personalization. Berdasarkan penyebaran kuesioner 80 sampel konsultan pajak, diperoleh hasil bahwa dimensi reliability, flexibility, ease of navigation, efficiency, assurance/trust, price knowledge, dan customization/personalization cenderung setuju dengan pernyataan pada seluruh dimensi E-Servqual yang diterapkan pada Website E-Filling dengan rata-rata nilai keseluruhan 2,50-2,91. Hal ini memberikan arti bahwa kualitas pelayanan pada Website E-Filling berdasarkan dimensi tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsultan pajak. Kecuali dimensi responsiveness, access, security/privacy, dan site aesthetics dari seluruh fungsi Website E-Filling memberikan hasil rata-rata nilai keseluruhan 2,21-2,41 yang artinya adalah cenderung kurang setuju. Hal tersebut memberikan arti bahwa dalam Website E-Filling memiliki beberapa bagian yang membuat konsultan pajak kurang nyaman pada saat melakukan pelaporan SPT menggunakan Website E-Filling sehingga kualitas pelayanan ini perlu ditingkatkan. Disarankan manajemen IT dan bagian pengelola Website E-Filling dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta memperbaiki website dari segi dimensi responsiveness (daya tanggap), access (akses), security/privacy (keamanan), dan site aesthetics (desain tampilan) pada website agar terlihat lebih menarik karena hal tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan konsultan pajak pada saat melaporkan SPT.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Marsya Adelia Rosyid Diannisa (14410110013)
Uncontrolled Keywords: Direktorat Jenderal Pajak, Website E-Filling, Kualitas Pelayanan
Dewey Decimal Classification: 700 – Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 15 Mar 2018 09:06
Last Modified: 03 Jun 2020 06:19
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2774

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item