TA : Audit Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi Berdasarkan ITIL pada IT Marketing & Trading (M&T) PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya

Zavier, Ahmad Faiz (2014) TA : Audit Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi Berdasarkan ITIL pada IT Marketing & Trading (M&T) PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img] Text
08410100463_TA_COVER.pdf - Accepted Version

Download (219kB)
[img] Text
08410100463_TA_DAFTAR-ISI.pdf - Accepted Version

Download (129kB)
[img] Text
08410100463_TA_BAB-I.pdf - Accepted Version

Download (175kB)
[img] Text
08410100463_TA_BAB-II.pdf - Accepted Version

Download (546kB)
[img] Text
08410100463_TA_BAB-III.pdf - Accepted Version

Download (230kB)
[img] Text
08410100463_TA_BAB-IV.pdf - Accepted Version

Download (342kB)
[img] Text
08410100463_TA_BAB-V.pdf - Accepted Version

Download (146kB)
[img] Text
08410100463_TA_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (143kB)

Search this title on : |

Abstract

Information Technology Marketing & Trading (IT M&T) PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya merupakan bagian dari fungsi operasional Corporate Shared Services (CSS) PT. Pertamina (Persero). Berdasarkan hasil survei layanan yang telah dilakukan oleh CSS pada periode tahun 2012 menunjukkan adanya kesenjangan (gap) layanan antara kenyataan (perceived) layanan dengan harapan (expected) pengguna layanan IT M&T PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya dengan nilai –0.73 pada semester 1 dan –0.68 pada semester 2 tahun 2012. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa kualitas pengelolaan layanan teknologi informasi yang dilakukan sudah cukup memadai namun diperlukan upaya–upaya antisipatif untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk. Untuk mengidentifikasi faktor–faktor penyebab terjadinya kesenjangan (gap) layanan maka dibutuhkan audit pengelolaan layanan teknologi informasi berdasarkan standar Information Technology Service Management (ITSM), yaitu Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Hasil audit pengelolaan layanan teknologi informasi yang telah dilakukan menghasilkan temuan dan rekomendasi perbaikan terkait proses–proses dan aktivitas operasional layanan dengan ruang lingkup meliputi event management, incident management, request fulfilment, problem management dan desktop and mobile device support, namun hasil audit belum menunjukkan identifikasi terhadap faktor–faktor penyebab terjadinya kesenjangan (gap) layanan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Faiz Zavier (08410100463)
Uncontrolled Keywords: Audit, Kesenjangan Layanan, ITSM, ITIL
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 26 Jul 2018 09:04
Last Modified: 26 Jul 2018 09:04
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2989

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item