Apriyatna, GP Ade (2015) TA : Analisis Karakteristik Paket Data pada Lalu Lintas Data Internet : Aplikasi Game Online. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
![]() |
Text
08410200063_2015_COVER.pdf - Accepted Version Download (133kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_DAFTAR-ISI.pdf - Accepted Version Download (277kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_BAB-I.pdf - Accepted Version Download (208kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_BAB-II.pdf - Accepted Version Download (660kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_BAB-III.pdf - Accepted Version Download (855kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_BAB-IV.pdf - Accepted Version Download (833kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_BAB-V.pdf - Accepted Version Download (275kB) |
![]() |
Text
08410200063_2015_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (272kB) |
Search this title on :
|
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, game yang terdahulu hanya bisa dimainkan oleh maksimal dua orang, sekarang dapat dimainkan lebih dari 10 orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan secara online menggunakan jaringan internet. Untuk mengetahui kualitas jaringan pada aplikasi game online, maka analisis QoS wajib dilakukan mencakup penggunaan bandwidth yang tepat, delay serta jitter yang terkontrol, dan pengurangan packet loss. Dan juga melakukan analisis parameter statistik agar data dapat ditampilkan dengan mudah. Dengan analisis lalu lintas data internet untuk aplikasi game online, maka QoS dapat digunakan sebagai dasar pemberian prioritas kepada aplikasi game online tertentu dengan cara mengalokasikan resource yang ada untuk aplikasi-aplikasi yang berbeda dalam sebuah jaringan. Diharapkan analisis ini dapat membantu administrator jaringan dalam hal desain jaringan yang lebih baik ke depannya. Berdasarkan hasil pengujian didapat nilai parameter-parameter QoS sebagai berikut: nilai rata-rata delay terbesar didapat 0.96 detik dan nilai jitter sebesar 0.1146 detik, dan nilai prosentase terjadinya packet loss yang didapat adalah 0 %. Nilai utilisasi bandwidth aplikasi game online berdasarkan analisis adalah sebesar 11.73255 % atau 1.173255 Mbps dari 10 Mbps bandwidth yang disediakan. Distribusi panjang paket data mendekati distribusi Lognormal untuk waktu pagi, siang dan malam hari.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | GP. Ade Apriyatna (08410200063) |
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Quality of Service, Delay, Jitter, Packet Loss, Utilisasi Bandwidth, Fitting Distribusi |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 005 Computer programming, programs & data |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Teknik Komputer |
Depositing User: | Agung P. W. |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 09:01 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 09:01 |
THESIS ADVISORS: |
1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3028 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
![]() |
View Item |