TA : Penerapan Gamification pada Sistem Pemeringkatan Kinerja UMKM dengan Konsep Crowdsourcing pada Startup Usahanesia

Wandana, Bhisma Dwi (2019) TA : Penerapan Gamification pada Sistem Pemeringkatan Kinerja UMKM dengan Konsep Crowdsourcing pada Startup Usahanesia. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
15410100103-2019-STIKOMSURABAYA.pdf

Download (8MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Usahanesia mempunyai visi untuk membantu UMKM di Indonesia agar dapat berkembang sehingga dapat bersaing dengan UMKM dari Indonesia maupun mancanegara. Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, usahanesia memerlukan informasi mengenai kinerja bisnis UMKM tersebut. Kinerja bisnis tersebut akan dibagikan kepada UMKM lainnya sehingga UMKM dapat membandingkan kinerja bisnisnya dengan pesaing. Jika kebutuhan Usahanesia tidak terpenuhi, maka Usahanesia tidak dapat membantu UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Berdasarkan uraian kebutuhan di atas diciptakan solusi yaitu dengan menciptakan sebuah sistem untuk membantu Usahanesia dalam memantau dan memperingkatkan kinerja bisnis UMKM dengan menerapkan konsep crowdsourcing dan gamification. Konsep crowdsourcing digunakan untuk membagikan informasi kinerja bisnisnya yang meliputi produktivitas, sdm, serta teknologi sedangkan gamification digunakan untuk memotivasi UMKM agar terus membagikan informasi kinerja bisnisnya serta menjadi acuan poin dalam penilaian kinerja bisnis yang telah mereka bagikan dan digunakan untuk pemeringkatan. Hasil uji coba dapat menunjukkan bahwa aplikasi dapat menghasilkan peringkat UMKM yang berdasarkan pada penilain kinerja bisnis serta penilaian sumber daya yang meliputi manusia, mesin, dan invoasi untuk membandingkan kinerja UMKM satu dengan UMKM yang lain. Uji coba aplikasi juga sudah berjalan 100 % sesuai dengan story product backlog yang disusun berdasarkan permintaan product owner.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Bhisma Dwi Wandana (15410100103)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Crowdsourcing, Gamification, Usahanesia
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Lidya Rosiana
Date Deposited: 13 May 2019 10:28
Last Modified: 10 Feb 2020 13:57
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3331

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item