Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Hariadi, Bambang ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9535-6752 (2012) Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan (TEKNODIKA), 10 (1). pp. 1-14. ISSN 1693-9107

[img] Text
Stategi_pembel_coop-Seminar_Lit.pdf - Published Version

Download (645kB)

Search this title on : |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran cooperatif learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial versi nonequivalen control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Sistem Informasi berjumlah 69 mahasiswa, terdiri dari 34 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan 35 mahasiswa untuk kelas kontrol. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA) dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Manajemen Umum yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi kooperatif tipe STAD berbasis web dan strategi kooperatif tipe STAD berbasis teks. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menggunakannya secara bersamaan (saling melengkapi) antara yang berbasis web dengan yang berbasis teks dalam bentuk blended learning.


Export Record


Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Cooperatif Learning, Hasil Belajar
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 370 Education
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:14
Last Modified: 05 Dec 2019 14:46
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/334

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item