TA : Analisis Sentimen untuk Pemeringkatan Popularitas Situs Belanja Online di Indonesia Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus Data Sekunder)

Wardani, Firrari Kusuma (2019) TA : Analisis Sentimen untuk Pemeringkatan Popularitas Situs Belanja Online di Indonesia Menggunakan Metode Naive Bayes (Studi Kasus Data Sekunder). Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
15410100048-2019-STIKOMSURABAYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Lazada, Bukalapak dan Blibli.com adalah perusahaan yang terlibat dalam pasar dan mal online. Untuk menanggapi pendapat, kritik dan keluhan, Lazada, Bukalapak dan Blibli.com terdapat suatu platform website yang mengulas layanan dan jasa yang ditawarkan oleh ketiga perusahaan tersebut. Platform website tersebut bernama priceprice.com. Jenis komentarnya adalah teks tidak terstruktur dalam jumlah besar. Kondisi ini dapat menyebabkan perusahaan belanja online melewatkan informasi berguna dari koleksi dokumen teks. Analisis sentimen ditetapkan dalam studi kasus ini untuk melakukan pemeringkatan popularitas situs belanja online di Indonesia. Pada penelitian ini hanya membahas tiga online Shop, yakni Lazada, Bukalapak dan Blibli.com. Studi kasus ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan pengujian 10-fold cross validation untuk memastikan keakuratan data. Metode NBC digunakan karena lebih cocok dalam pengoperasian analisis sentiment pada penelitian ini dibandingkan dengan metode lainnya. Pada penelitian ini Lazada merupakan online shop yang paling popular dibandingkan dengan Bukalapak dan Blibli.com. Berdasarkan perhitungan pemeringkatan popularitasnya didapatkan untuk online shop Lazada memiliki tingkat popularitas 95,9%, Bukalapak 93,7% dan Blibli.com 89,3%. Dengan uji validitas metode NBC menggunakan 10-fold cross validation didapatkan akurasi untuk Lazada 96,5%, Bukalapak 93,9% dan Blibli.com 90,3%.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Firrari Kusuma Wardani (15410100048)
Uncontrolled Keywords: Lazada, bukalapak, blibli.com, naive bayes, sentiment analysis
Dewey Decimal Classification: 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 28 Jun 2019 10:10
Last Modified: 28 Jun 2019 10:10
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3357

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item