Teoritik dan Empirik Strategi Pemasaran (Beserta Studi Kasus Permasalahan Perusahaan Swasta di Jawa Timur)

Widiana, Muslichah Erma, Hidayati, Kusni and Karsam, Karsam (2019) Teoritik dan Empirik Strategi Pemasaran (Beserta Studi Kasus Permasalahan Perusahaan Swasta di Jawa Timur). Penerbit Aseni. ISBN 978-602-74424-9-8

[img] Text
Teoritik dan Empirik strategi Pemasaran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Ilmu pemasaran berkembang dari ekonomika menjadi sebuah disiplin ilmu tersendiri. Ia berkembang pesat pasca revolusi industri di abad 18. Adam Smith menekankan dalam pemasaran pentingnya memperhatikan kepentingan pelanggan. Kepuasan konsumen merupakan konsep yang paling menentukan dalam pemikiran pemasaran dan riset konsumen. Kepuasan pelanggan, kualitas layanan, dan loyalitas pelanggan merupakan tiga elemen kunci yang menentukan kesuksesan implementasi konsep pemasaran. Tujuan utama pemasaran ialah meningkatkan probabilitas dan kekerapan konsumen berinteraksi dengan produk, membeli dan menggunakan produk, dan membeli kembali produk. Filosofi pemasaran mengalami evolusi, mulai dari konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran sosial. Sejumlah faktor (seperti customer, company, competition, collaborators, dan change) berkontribusi pada berkembangnya sejumlah perspektif baru dalam pemasaran. Aplikasi strategi dan pemikiran strategik dalam konteks pemasaran telah berlangsung sejak akhir Perang Dunia II. Strategi pemasaran dipandang sebagai pernyataan umum mengenai arah atau pedoman dalam memilih pasar sasaran dan merancang serta menerapkan bauran pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran merupakan tulang punggung perusahaan. Setiap perusahaan selalu melaksanakan operasional aktivitasnya, yang didahului dengan membuat rencana, bagi kelangsungan dan pertumbuhan jangka panjang, yang didasarkan pada situasi, peluang, tujuan, dan sumber dayanya. “Perencanaan strategi adalah proses mengembangkan dan mempertahankan kecocokan strategi antara tujuan dan kemampuan organisasi serta peluang pemasaran yang sedang berubah”. Dalam pemasaran, perencanaan strategi terjadi pada tingkatan unit bisnis, produk, dan pasar.


Export Record


Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Annuh Liwan Nahar
Date Deposited: 21 Nov 2019 11:55
Last Modified: 08 Aug 2022 08:36
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3426

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item