LPM : IbM Strategi Promosi pada Toko Kelontong Modern "Gandung" Surabaya

Wardhanie, Ayouvi Poerna ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6097-3339, Hananto, Valentinus Roby ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1988-3168 and Ningsih, Norma ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5887-6879 (2016) LPM : IbM Strategi Promosi pada Toko Kelontong Modern "Gandung" Surabaya. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
AYOUVI-OKE.pdf

Download (2MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, keberadaan bisnis ritel atau eceran di tengah-tengah masyarakat menjadi semakin penting. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pola belanja masyarakat yang semakin selektif dan adanya perbedaan cara pandang masyarakat tentang bisnis ritel atau eceran. Perkembangan gaya hidup tersebut sejalan dengan tumbuhnya mal-mal yang sangat mendukung tumbuhnya ritel modern, sehingga terjadi tren modernisasi pola hidup konsumen di Indonesia. Bisnis ritel yang semula dipandang hanya sebatas penyedia barang dan jasa saja, sekarang dipandang sebagai bisnis yang semakin inovatif, dinamis, dan kompetitif. Pengabdian masyarakat yang dibuat untuk tahun anggaran 2016 ini merupakan pengabdian masyarakat yang diperuntukkan bagi para pemilik toko bisnis ritel beserta karyawannya. Kebutuhan akan pembelajaran mengenai skill dalam mendesain gambar dengan menggunakan Adobe Photoshop sebagai alat bantu untuk meningkatkan promosi penjualan ini sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, para pemilik bisnis retail saat ini dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan aplikasi media promosi sebagai penunjang dalam meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya. Selain itu juga diberikan pelatihan untuk menganalisis penjualan produk sebagai pendukung keputusan promosi penjualan. Metode yang akan digunakan yaitu memberikan pemahaman dan diskusi tentang pemasaran yang efektif saat ini, mengingat banyaknya kompetitor di bisnis retail, memberikan pelatihan kepada pengusaha dan karyawan Toserba Gandung dan Sopongiro Surabaya tentang pentingnya strategi promosi dengan pemanfaatan media promosi serta pentingnya proses analisa hasil penjualan. Hasil kegiatan dari pengabdian masyarakat ini adalah pembuatan modul Adobe Photoshop sebagai panduan dalam membuat desain gambar, pembuatan kerangka job description dari masing-masing pemilik bisnis dan karyawan, yang diminta khusus oleh pemilik Toko Gandung Surabaya dan hasil pelatihan pembuatan desain gambar menggunakan Adobe Photoshop tersebut, digunakan dalam media promosi seperti kaos, banner, poster dan papan reklame.


Export Record


Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Nomor : 016/ST-PPM/KPJ/VI/2016
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 03 Dec 2019 14:37
Last Modified: 05 Dec 2019 11:15
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3452

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item