Hananto, Valentinus Roby ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1988-3168, Wardhanie, Ayouvi Poerna ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6097-3339 and Churniawan, Agus Dwi (2016) LP : Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya, Surabaya.
|
Text
LP - 2016-robby-inter.pdf Download (3MB) | Preview |
Search this title on : |
Abstract
institusi pendidikan di Indonesia semakin meningkat, lebih dari 3000 institusi pendidikan baik negeri maupun swasta saat ini telah berdiri di Indonesia (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012). Tingginya tingkat persaingan antar institusi pendidikan mengakibatkan setiap institusi harus dapat mengelola institusinya secara profesional, salah satunya dalam hal berinteraksi dengan pelangganya. Hal ini dapat dicapai dengan cara lebih memaksimalkan pengelolaan data pelanggan sehingga dapat menjadi sebuah informasi yang berguna bagi perusahaan. Sebuah sistem untuk mengubah data tentang pelanggan menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan sangatlah diperlukan. Sebagai jawaban atas tantangan ini, terciptalah sebuah teknologi untuk menganalisis data pelanggan yang sering disebut dengan analytical CRM. Sebagai salah satu alat manajemen pelanggan yang paling dinamis, analytical CRM banyak dimanfaatkan dalam analisis data pelanggan untuk berbagai tujuan yang berbeda. Analytical CRM memiliki peran penting dalam melakukan segmentasi pelanggan. Dengan melakukan segmentasi pelanggan, organisasi dapat menentukan strategi marketing yang lebih terfokus untuk masing-masing segmen. Proses marketing (komunikasi, produk/jasa, program) dapat menjadi lebih terfokus karena masing-masing segmen memang sudah memiliki kemiripan, baik dari segi kebutuhan maupun perilakunya. Atas dasar pertimbangan tersebut, maka dibuatlah sebuah rancangan analytical CRM pada instansi pendidikan untuk proses segmentasi pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Institus Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Dari pengamatan yang sudah dilakukan, Stikom Surabaya belum menerapkan analytical CRM maupun segmentasi pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai perancangan analytical CRM untuk mendukung segmentasi pelanggan di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, dan mengetahui strategi serta kebutuhan teknologi yang harus disiapkan dalam penerapan analytical CRM.
Export Record
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information: | Nomor Kontrak : 023/ST-PPM/KPJ/VII/20I6 |
Uncontrolled Keywords: | CRM, Analitycs |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Perpustakaan > Laporan Penelitian |
Depositing User: | Annuh Liwan Nahar |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 09:56 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 10:24 |
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3478 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |