LP : Efektivitas Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Metode Inquiry Dan Rekayasa Perangkat Lunak “MOLEARN”

Sunarto, M.J. Dewiyani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9232-1714, Hariadi, Bambang ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9535-6752, Amelia, Tan and Sagirani, Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6153-5477 (2018) LP : Efektivitas Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Metode Inquiry Dan Rekayasa Perangkat Lunak “MOLEARN”. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
2017-dewi-dikti.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah peningkatan mutu pembelajaran dan menciptakan pembiasaan menggunakan teknologi informasi bagi generasi muda secara positif sehingga mampu meningkatkan daya saing bangsa melalui peningkatan mutu sumber daya manusia. Setelah tahun pertama, yaitu pembuatan aplikasi MoLearn yang berbasis Web dan Android dapat terlaksana dengan baik, maka tujuan berikutnya dari penelitian ini akan dicapai melalui 2 tahap, yaitu tahun kedua membuat model pembelajaran beserta bahan belajar mata pelajaran di SMA. Bahan belajar ini dengan metode Inquiry yang terintegrasi penuh dengan dukungan Teknologi Informasi, dan dengan berdasar teori di bidang teknologi pendidikan. Bahan belajar yang sudah ada kemudian diunggah ke aplikasi MoLearn yang telah dihasilkan di tahun pertama penelitian. Sedang di tahun ketiga adalah untuk mengimplementasikan, dan kemudian mengevaluasi efektivitas dan kemenarikan pembelajaran melalui metode Inquiry berbasis perangkat lunak Molearn di SMA. Target khusus dalam penelitian ini ialah peningkatan hasil belajar dan pemahaman siswa SMA melalui metode Inquiry dan penggunaan aplikasi Molearn, hingga melatih pembiasaan positif dalam penggunaan teknologi informasi serta dapat meningkatkan daya saing bangsa. Pada tahun ke dua penelitian ini, sebagian besar kegiatan adalah pelatihan pembuatan bahan ajar kepada guru yang tergabung dalam MGMP di provinsi Jawa Timur. Pelatihan dimulai kepada team inti, hingga menghasilkan e-book Biologi untuk kelas XII semester 1. Setelah buku tercetak dan mendapatkan sertifikat HAKI, maka diadakan pelatihan kepada 50 guru MGMP Biologi Provinsi Jawa Timur. Pelatihan mulai materi Smartphone Videography, Konsep Pembelajaran abad 21, konsep Revolusi Industri 4.0 dan Pembuatan e-book. Sampai laporan ini dibuat, telah dihasilkan 1 buku modul Pembuatan Konten Buku Digital, 1 e book Biologi A-Plus untuk SMA kelas XII semester 1 dan telah mendapatkan sertifikat HAKI, sebagai luaran utama, telah terkirim pula 2 paper untuk seminar international dan 1 artikel ke Jurnal Cakrawala Pendidikan sebagai luaran tambahan. Tahun ketiga dari penelitian ini merencanakan untuk mengukur kelayakan (valid, praktis dan efektif) dari model pembelajaran berbasis Inquiry dengan menggunakan aplikasi pembelajaran MoLearn di 4 sekolah, dengan masingmasing 2 kelas untuk mata pelajaran Biologi dan 2 kelas untuk mata pelajaran Geografi.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Nomor : 120/SP2H/LT/DRPM/2018
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research & related topics
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 06 Dec 2019 09:48
Last Modified: 06 Dec 2019 09:48
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item