LP : Pembuatan Aplikasi Pemetaan Denah Kursi Wisuda pada Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya Menggunakan Alogaritma Greedy

Koentjoro, Edo Yonatan and Tjandrarini, A. B. (2018) LP : Pembuatan Aplikasi Pemetaan Denah Kursi Wisuda pada Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya Menggunakan Alogaritma Greedy. Project Report. Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya, Surabaya.

[img]
Preview
Text
LP - 2018-edo-inter.pdf

Download (2MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Wisuda merupakan suatu proses pengukuhan untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan studi pada suatu universitas atau perguruan tinggi. Proses wisuda di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Stikom Surabaya) membutuhkan berbagai persiapan, yang dimulai dari pembentukan panitia, pembagian tugas tiap seksi, dan pelaporan setiap tugas yang telah dilakukan. Dalam pemetaan denah kursi, panitia seringkali mendapatkan kendala dalam memprediksi kursi yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan pemetaan denah kursi wisuda tidak hanya ditujukan untuk calon wisudawan, tetapi juga untuk orang tua, tamu VIP, dan tamu VVIP. Selain itu, terdapat pola dalam pemetaan denah kursi bagi calon wisudawan. Calon wisudawan yang mendapatkan gelar “dengan pujian”, diharapkan untuk duduk di tepi kiri dan kanan. Hal ini ditujukan agar calon wisudawan dapat keluar secara bebas ketika namanya dipanggil. Posisi tempat duduk orang tua juga ditentukan dari posisi tempat duduk calon wisudawan. Seringkali data yang fluktuatif dari calon wisudawan dan orang tua, tamu VIP dan tamu VVIP, membuat panitia kesulitan dalam pemetaan denah kursi. Untuk itulah dibutuhkan aplikasi yang dapat membantu panitia dalam menyelesaikan masalah pemetaan denah kursi wisuda. Adapun algoritma yang akan digunakan adalah Algoritma Greedy. Algoritma Greedy merupakan jenis algoritma yang menggunakan pendekatan penyelesaian masalah dengan mencari nilai maksimum sementara pada setiap langkahnya. Nilai maksimum sementara ini dikenal dengan istilah local maximum. Pada kebanyakan kasus, Algoritma Greedy tidak akan menghasilkan solusi paling optimal, begitupun Algoritma Greedy biasanya memberikan solusi yang mendekati nilai optimum dalam waktu yang cukup cepat. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu panitia menyelesaikan masalah pemetaan denah kursi wisuda dengan optimal.

Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Wisuda, Algoritma Greedy, pemetaan, denah kursi, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 600 Technology (Applied sciences) > 600 Technology
Divisions: Perpustakaan > Laporan Penelitian
Depositing User: Lidya Rosiana
Date Deposited: 06 Dec 2019 08:11
Last Modified: 06 Dec 2019 08:13
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item