Penerapan Pendekatan Participation Action Research dalam Pembuatan Aplikasi Pembelajaran "MoLearn" bagi MGMP SMA Jawa Timur

Sunarto, M.J. Dewiyani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9232-1714, Hariadi, Bambang ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9535-6752, Sagirani, Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6153-5477 and Amelia, Tan (2017) Penerapan Pendekatan Participation Action Research dalam Pembuatan Aplikasi Pembelajaran "MoLearn" bagi MGMP SMA Jawa Timur. In: Konferensi Nasional Guru dan Inovasi Pendidikan (KONASGI) : "Educative, Creative, Innovative". Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Bali, pp. 594-603. ISBN 978-602-6428-26-4

[img]
Preview
Text
5-DEWI.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer Konasgi D.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turn It In Konasgi D.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Seperti telah disadari bersama, pembelajaran kepada generasi muda saat ini harus didekati dengan teknologi informasi yang memang telah terbukti mampu menjadi katalisator bagi terjadinya revolusi pembelajaran. Hal ini membawa dampak pada pendidik yang tentu tidak mudah untuk serta merta menyesuaikan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan akan konsep dan model pembelajaran bagi terbentuknya rekayasa perangkat lunak berbasis web dan mobile untuk proses belajar mengajar di SMA, agar dapat membantu baik bagi pendidik maupun peserta didik dalam penyediaan sarana belajar yang sesuai bagi generasi muda, dan membantu pembiasaan bagi peserta didik menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Metode yang digunakan adalah metode yang bersumber pada pendekatan paradigma partisipatoris yaitu Participatory Action Research (PAR), dengan menempatkan masyarakat yang menjadi kelompok sasaran, yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi dan Geografi Provinsi Jawa Timur sebagai subjek dalam proses kegiatan. Peneliti menempatkan diri sebagai insider (pihak yang berada di dalam kelompok sasaran dan turut aktif di dalam program kegiatan), bukan sebagai outsider (pihak yang berada di luar kelompok sasaran). Pelaksanaan kegiatan penelitian mulai dari menyusun desain, instrumen, pengumpulan data, pengolahan, analisis data sampai menyusun laporan akan dilakukan bersama masyarakat/kelompok sasaran. Hasil yang didapat adalah desain perangkat lunak “MoLearn” yang bersesuaian dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik, mudah dan dapat digunakan di manapun, menjamin standar mutu secara terpusat dari MGMP tanpa mengurangi kebebasan pendidik untuk mengembangkan materi.


Export Record


Item Type: Book Section
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 370 Education > 370 Education
Divisions: Perpustakaan > Prosiding/Call for Papers
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 08 Dec 2019 19:48
Last Modified: 10 Aug 2021 09:52
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3514

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item