Pemanfaatan Serious Games Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Amelia, Tan and Sagirani, Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6153-5477 (2017) Pemanfaatan Serious Games Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In: Konferensi Nasional Guru dan Inovasi Pendidikan (KONASGI) : "Educative, Creative, Innovative". Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Bali, pp. 312-319. ISBN 978-602-6428-26-4

[img]
Preview
Text
7-MELI.pdf

Download (1MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan seorang anak, tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Tunagrahita merupakan bagian dari ABK, yang dalam proses pembelajaran sering dijumpai beberapa kendala karena keterbatasan yang mereka miliki. Program Bina Diri memiliki peran sentral dalam mengantarkan peserta didik dalam melakukan bina diri untuk dirinya sendiri, seperti merawat diri, mengurus diri, menolong diri, komunikasi dan adaptasi lingkungan sesuai dengan kemampuannya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh ABK tunagrahita ringan perlu dilakukan secara terprogram dan berulang-ulang. Aplikasi media pembelajaran berbasis serious games dibutuhkan untuk memberikan pengenalan awal terhadap aktifitas bina diri bagi ABK tunagrahita. Pemanfaatan Aplikasi media pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dalam memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan dan sumber belajar yang menarik.


Export Record


Item Type: Book Section
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 370 Education > 370 Education
Divisions: Perpustakaan > Prosiding/Call for Papers
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 08 Dec 2019 20:01
Last Modified: 10 Dec 2019 08:41
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item