Chasanah, Zahrotul (2019) TA : Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Layanan Pengaduan Pelanggan Menggunakan Strategi Customer Relationship Management (CRM) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.
|
Text
15410100099-2019-STIKOMSURABAYA.pdf - Accepted Version Download (9MB) | Preview |
Search this title on : |
Abstract
PDAM Kabupaten Mojokerto merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dalam bidang jasa penyedia sarana air minum/bersih. Keberadaan PDAM Kabupaten Mojokerto diharapkan dapat memenuhi semua kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto. Layanan pengaduan pelanggan dilakukan dengan menyediakan tempat pengaduan pelanggan pada kantor PDAM Kabupaten Mojokerto. Keluhan juga disampaikan pada beranda Akun Official pada media sosial Facebook sehingga keluhan penanganan layanan pun tidak resmi. Pengelolaan pengaduan pada internal perusahaan diatur oleh kepala bagian teknik melalui grup Whatsapp sehingga pegawai yang sedang tidak bertugas maupun yang sedang bertugas susah untuk dimonitoring. Bedasarkan uraian diatas maka dirancanglah sebuah aplikasi layanan pengaduan pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Mojokerto berbasis Website. Alasan mengapa aplikasi ini menggunakan basis website karena pada infrastruktur jaringan kantor PDAM Kabupaten Mojokerto sudah memiliki akses Wi-fi sehingga jika aplikasi menggunakan basis website pegawai bisa mengakses. Aplikasi ini dapat digunakan untuk media penanganan dan monitoring keluhan/aduan pada PDAM Kabupaten Mojokerto menjadi lebih terdokumentasi dan terintegrasi. Dengan menerapkan strategi CRM, aduan memiliki tenggang waktu survei sehingga pelanggan mendapat kepastian kapan keluhan/aduan akan mendapat respon dari pihak PDAM Kabupaten Mojokerto.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Zahrotul Chasanah (15410100099) |
Uncontrolled Keywords: | Layanan Pengaduan, Website, PDAM Kabupaten Mojokerto |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Agung P. W. |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 14:20 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 14:20 |
THESIS ADVISORS: |
1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3620 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |