TA : Perancangan Media Promosi Desa Wisata Edukasi Argo Wayang Galengdowo sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Rerengga, Maestro Ridloh (2019) TA : Perancangan Media Promosi Desa Wisata Edukasi Argo Wayang Galengdowo sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
15420100018-2019-STIKOM-SURABAYA.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Desa wisata Argo Wayang Galengdowo Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang merupakan kawasan wisata yang memiliki berbagai obyek-obyek wisata edukasi yang menarik dalam bidang pertanian, peternakannya, wisata alam grojokan Kaliasat, air terjun Tretes Pangajaran serta fasilitas Bumi Perkemahan dan home stay. Argo Wayang didirikan oleh sebuah kelompok rintisan yang diprakarsai anak-anak muda alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) yang terlahir di kawasan tersebut. Kelompok tersebut dipimpin oleh Ibu Wenny, yang merupakan alumni IPB, sekaligus pencetus konsep desa wisata Argo Wayang. Mereka memiliki dedikasi dan komitmen, serta masih mempunyai kesadaran untuk membangun desa, agar dapat berkembang serta mampu meningkatkan nilai jual dari potensi desa kepada calon wisatawan. Desa wisata ini mempunyai potensi khusus dalam pengembangan pertanian, peternakan, dan pelestarian lingkungan yang disajikan dalam bentuk kegiatan wisata edukasi dengan obyek kekayaan alam pegunungan khas pedesaan dan aktifitas dalam bentuk panduan tour guide atau perjalanan wisata yang dilakukan di kebun salak, kandang sapi perah, kebun kopi ekselsa, Taman Kututan, grojokan Kaliasat dan jalur hutan yang menuju air terjun Tretes Pangajaran serta terdapat dua pilihan bagi wisatawan yang ingin bermalam di desa wisata yaitu Bumi Perkemahan atau Home Stay, juga menawarkan sumber daya lokal yang ada di Desa Galengdowo kepada masyarakat umum khususnya pelajar. Desa wisata juga mempunyai tradisi bersih desa setiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur atas kesuburan dan melimpahnnya hasil alam di desa wisata, Kegiatan tersebut diberi nama Banca’an Salak. Meskipun wisata Argo Wayang memiliki banyak obyek wisata tersebut, dalam kunjungan wisata belum memenuhi target pengelola dan peneliti melihat kurang tepatnya dalam implementasi media promosi yang dilakukan pada Argo Wayang sebagai desa wisata edukasi. Untuk itu, media promosi ini dibuat untuk menunjang pengenalan Desa Wisata Argo Wayang kepada wisatawan khususnya pelajar.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maestro Ridloh Rerengga (15420100018)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media Promosi, Media Promosi Brosur, Informasi Paket Obyek-Obyek Desa Wisata Edukasi Argo Wayang Galengdowo
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Maria Nugrahayu
Date Deposited: 21 Jan 2020 15:47
Last Modified: 21 Jan 2020 15:47
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item