Fani, Arganata Alif (2020) TA : Analisis Sentimen Review Pelanggan Pada Layanan Indihome Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DINAMIKA.
|
Text
15410100053-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Search this title on : |
Abstract
PT. Telkom Indonesia sebagai perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented) tentunya harus mengerti dan mengetahui betapa pentingnya penilaian pelanggan terhadap layanan, instansi atau organisasi. pada PT. Telkom Indonesia terdapat permasalahan yaitu Telkom Indonesia belum mengetahui tentang pendapat atau review pelanggan terhadap layanan IndiHome pada website dan media sosial. Saat ini Telkom Indonesia hanya mengetahui review atau pendapat pelanggan melalui komplain secara langsung atau melalui telepon Customer Service (CS). Berdasarkan permasalahan yang ada, maka didapatkan solusi berupa sebuah aplikasi yang dapat menampilkan review pelanggan apakah positif atau negatif. Review pelanggan dapat diproses kata/kalimatnya dengan menggunakan metode Text Mining dan kata/kalimat dapat diklasifikasi kelas positif dan negatif menggunakan metode Naive Bayes. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dalam mengembangkan aplikasi dan untuk menguji akurasi pada penelitian ini menggunakan metode Confusion Matrix. Dari hasil peneltian analisis sentimen dapat disimpulkan bahwa analisis sentimen pada penelitian ini dapat menampilkan visualisasi dari hasil klasifikasi analisis sentimen dalam bentuk diagram lingkaran (Pie Chart) dan menghasilkan klasifikasi analisis sentimen yang dibuktikan pada pengujian fungsi Crawling Data, Ekstraksi, Klasifikasi dan Visualisasi dengan nilai sebesar 100%, pengujian perhitungan dengan nilai yang berbeda dengan klasifikasi yang sama, dan pengujian akurasi pada data tahun 2017 sampai dengan 2020 dari jumlah data training sebanyak 40 data dan data testing sebanyak 13 data didapatkan nilai sebesar 69%.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Arganata Alif Fani (15410100053) |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Telkom Indonesia, Naïve Bayes, Text Mining |
Dewey Decimal Classification: | 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Totok Karyono |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 10:55 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 19:06 |
THESIS ADVISORS: |
1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4063 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |