LKP : Rancang Bangun Aplikasi Storage, LO/LO, Stripping Pada PT. Kereta Api Logistik Surabaya

Christy, Agile Jaunty (2015) LKP : Rancang Bangun Aplikasi Storage, LO/LO, Stripping Pada PT. Kereta Api Logistik Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
11410110020-2015-STIKOMSURABAYA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT Kereta Api Logistik (KALOG) Surabaya yang merupakan cabang dari PT KALOG Indonesia yang bertujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door-to-door service, station-to-station service, station-to-door service dan door-to-station service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan purna. Beberapa layanan yang disediakan oleh PT KALOG Surabaya diantaranya adalah Storage, LO/LO, dan Stripping. Storage misalnya, adalah proses penyimpanan sementara kontainer atau barang dari pihak pengirim yang telah tiba di stasiun tujuan, dan belum diambil oleh pihak penerima. Sementara lift on lift out (LO/LO) adalah kegiatan untuk membongkar atau memuat barang ataupun container. Stripping adalah kegiatan memindahkan muatan dari truk ke container. Dalam bulan Januari 2014 – bulan Juni 2014, PT KALOG Surabaya mencatat 8 transaksi pembayaran yang terjadi pada kegiatan stripping, 678 transaksi pembayaran pada kegiatan storage, dan 51 transaksi pembayaran pada kegiatan LO/LO. Ketika transaksi pembayaran kegiatan storage, LO/LO maupun stripping pada PT KALOG Surabaya, staf bendahara membuat pencatatan sebanyak 2 kali, yaitu invoice manual dan invoice cetak. Pembuatan invoice manual biasanya dilakukan pada saat barang yang dikirim telah sampai pada tujuan, sedangkan pembuatan invoice cetak jika customer telah membayar ke pusat (Jakarta). Permasalahan yang terjadi adalah terkadang bendahara mencatat invoice manual yang seharusnya tidak perlu dimasukkan ke dalam rekapitulasi. Jika bendahara lupa memasukkan data invoice cetak ke dalam rekapitulasi, pada saat pemeriksaan ulang, terjadi perbedaan sehingga data menjadi tidak valid. Selain itu, karena data rekapitulasi tidak tersusun rapi pada database perusahaan, sehingga terkadang invoice lupa dicetak atau tercetak lebih dari satu kali, sehingga tidak efisien dan customer dapat menerima 2 kali invoice cetak. Dari permasalahan diatas, maka pembuatan aplikasi pencatatan transaksi pembayaran ini dibuat agar laporan rekapitulasi perusahaan dapat tertata rapi dan tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan invoice sehingga bagian bendahara dapat dengan mudah mencatat rekapitulasi dan mencocokkan data perusahaan.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agile Jaunty Christy (11410110020)
Uncontrolled Keywords: KALOG, manajemen logistik, rekapitulasi, invoice.
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 385 Railroad transportation
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Totok Karyono
Date Deposited: 07 Apr 2020 11:04
Last Modified: 07 Apr 2020 11:04
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item