TA : Penciptaan Destination Branding Keraton Kasunanan Solo Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Domestik

Permana, Aan Ari (2015) TA : Penciptaan Destination Branding Keraton Kasunanan Solo Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Domestik. Undergraduate thesis, Insitutit Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
10420100072-2015-STIKOMSURABAYA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Kota Surakarta telah dikenal sebagai daerah yang memiliki warisan budaya yang sangat beragam yang memiliki benda-benda peniggalan bersejarah yang ada di Jawa Tengah dengan keaneka ragaman budayanya adanya Keraton Kasunanan sebagai pengaruh adanya alkuturasi 3 Budaya.Timbulnya fenomena pergeseran nilai budaya terkandung di dalam filosofi yang ada di Keraton Kasunanan Surakarta Hardiningrat. Karena itu dibutuhkan sebuah penciptaan destination Branding berupa Buku Profil Keraton Kasunanan Surakarta Hardiningrat. Untuk mengangkat nilai-nilai budaya seperti makna,Budaya, filosofi dan mitos yang terkandung didalam Keraton Kasunanan Surakarta Hardiningrat sebagai upaya meningkatkan minat kunjungan Wisatawan Domestik. Penciptaan dilakukan dengan pendekatan observasi,wawancara dan studi eksisting dengan menggunakansudut pandang keyword hasil kajian pustaka,yaitu estetika, sosial budaya, citra diri dan produk budaya. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif yang didukung dengan indicator STP dan USP (Unique Selling Proposition) didapatkan “special trip to visit” sebagai konsep perancangan. “Keraton Kasunanan Kemewahan Yang Tersembunyi Di Jawa” sebagai judul buku dengan point of interest gambar ilustrasi fotografi, diimplementasikan pada penciptaan karya. Untuk mengetahui efektivitas, kelayakan dan kesesuaian karya digunakan pengujian hasil desain dengan melalui angket berskala Likert yang diberikan pada 111 responden. Dari hasil analisa kolerasi pengujian desain, didapatkan bahwa seluruh hasil pernyataan angket memiliki korelasi pengujian desain, didapatkan bahwa seluruh hasil pernyataan angket memiliki korelasi yang signifikan sehingga mampu memenuhi tujuan dari buku dengan nilai loading pernyataan antara,242-362 dan mean antara 4, 27-4,62 Kata Kunci: Penciptaan, Destination Branding, Keraton Kasunanan, Wisatawan Domestik


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Aan Ari Permana (10420100072)
Uncontrolled Keywords: Penciptaan, Destination Branding, Keraton Kasunanan, Wisatawan Domestik
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Annuh Liwan Nahar
Date Deposited: 09 Apr 2020 14:34
Last Modified: 09 Apr 2020 14:34
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4360

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item