TA : Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3

Prayogo, Tegar Djati (2019) TA : Perencanaan Strategy Management for IT Services pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
14410100014-2020-UNIVERSITASDINAMIKA del.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa bongkar muat petikemas di daerah Surabaya adalah PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Terminal Operating System (TOS) merupakan sistem operasi yang dimiliki PT TPS untuk mendukung proses bisnis perusahaan. Tidak adanya rencana strategi manajemen layanan TI yang dibuat oleh Departemen IT mengakibatkan kendala pada Layanan TOS. Kendala yang didapat dalam satu bulan dapat mencapai 39 kasus dimana penanganannya dari satu jam sampai 28 jam. Permasalahan tersebut mengakibatkan keluhan dari pelanggan dan terjadi kehilangan pelanggan. Solusi yang diberikan adalah perencanaan manajemen strategi layanan TI dengan menggunakan metode strategy management for IT services berdasarkan framework ITIL V3. Perencanaan tersebut memberikan layanan TI yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mendukung tercapainya tujuan bisnis dari PT TPS. Penelitian ini menghasilkan dokumen Strategy Management For IT Services yang berisi tujuan, arah, dan rencana departemen IT. Rencana terdiri atas 1) melakukan analisis investasi TI, 2) penggunaan open source dan cloud computing, 3) pencapaian target layanan, 4) penerapan framework pengelolaan layanan, dan 5) penerapan budaya hemat energi. Rencana ini diturunkan menjadi 26 taktik, 4 prosedur, 5 instruksi kerja, dan 6 rekam kerja. Dokumen tersebut telah diverifikasi dan divalidasi oleh Departemen IT PT TPS.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Tegar Djati Prayogo (14410100014)
Uncontrolled Keywords: ITIL V3, Strategy Management, Layanan Teknologi Informasi
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 17 Apr 2020 11:42
Last Modified: 17 Apr 2020 11:42
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4377

Actions (login required)

View Item View Item