LKP : Rancang Bangun Aplikasi Penanganan Keluhan dan Pemberitaan pada Bagian Humas PDAM Surya Sembada Surabaya

Kressa, Audhy Virabri (2018) LKP : Rancang Bangun Aplikasi Penanganan Keluhan dan Pemberitaan pada Bagian Humas PDAM Surya Sembada Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
15410100030-2018-STIKOMSURABAYA.pdf

Download (4MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya adalah sebuah perusahaan milik daerah yang berada di Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo 2 Surabaya 60131, Jawa Timur, yang berdiri sejak tahun 1890. PDAM Surya Sembada kota Surabaya merupakan perusahaan yang mendistribusikan air bersih di kota Surabaya dan sekitarnya. Pada kegiatan sehari-hari PDAM memiliki sejumlah masalah yaitu adanya penanganan keluhan yang masih diolah secara manual. Selain itu PDAM belum memiliki pengelolaan pemberitaan yang baik. Jika masalah tersebut tidak segera ditangani maka akan menyebabkan banyaknya masalah diantaranya pelanggan akan melakukan penunggakan pembayaran karena ketidak puasan pelayanan, kepercayaan pelanggan akan hilang, pelanggan akan menulis kekecawan kepada media yang dapat mengakibatkan citra perusahaan buruk. Solusi dari masalah tersebut adalah dibuatnya sebuah aplikasi berbasis web yang memberikan informasi keluhan yang diterima PDAM untuk ditindak lanjuti. Selain itu, aplikasi ini dapat mengelola pemberitaan yang didapat dari berbagai sumber pemberitaan mengenai PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Pada kerja praktek ini Aplikasi penanganan keluhan dan pemberitaan berbasis web ini berhasil dibuat yang memiliki beberapa modul yang terdiri dari aduan sosial media, gangguan dan kliping pemberitaan. Pada uji coba fungsi yang dilakukan oleh bagian TSI dan Humas, aplikasi yang dibuat sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi dapat menyelesaikan masalah keluhan dan permbaritaan pada PDAM Surya Sembada.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Audhy Virabri Kressa (15410100030)
Uncontrolled Keywords: web, keluhan, pemberitaan, pdam, surya sembada
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Deasy Kumalawati
Date Deposited: 21 Apr 2020 11:16
Last Modified: 21 Apr 2020 11:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4509

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item