TA : Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab untuk TPI Menggunakan Metode Learning By Playing

Kubuwono, Amang (2015) TA : Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab untuk TPI Menggunakan Metode Learning By Playing. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
09510160057-2015-STIKOMSURABAYA.pdf - Accepted Version

Download (922kB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Multimedia pembelajaran sekarang ini sudah berkembang pesat. Perkembangan ini tidak lain disebabkan oleh semakin berkembangnya teknologi yang begitu cepat terutama teknologi pada komputer, yang salah satunya adalah multimedia interaktif. Dalam pembelajaran, multimedia interaktif dirancang secara sistematis untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar agar mutu dan kualitas belajarnya semakin maju dan semakin aktif berperan dalam aktivitas proses pembelajaran, sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas hasil belajarnya. Menurut Sucipta (2010:1-2), manfaat yang di dapat dari proses pembelajaran lebih menarik, lebih efektif, dan meningkatkan kualitas belajar anak. Keterlibatan metode belajar dengan metode learning by palying pada arus globalisasi yang menjadikan pelajar lebih memilih bahasa asing ketimbang Bahasa Arab sangatlah penting karena pelajaran Bahasa Arab kurang di minati dalam pendidikan TPI. Bahasa Arab sudah di ajarkan tapi belum diterapkan kususnya pada anak TPI karna belum adanaya kurikulum yang mendasari. Media Pembelajaran interaktif membuat anak lebih mudah dan mengerti, anak di latih sejak dini agar mereka mudah memahami pelajaran Bahasa Arab ini sehingga mampu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga membantu guru mendapatkan gambaran dalam penerapan metode learning by playing dalam meningkatkan minat belajar anak TPI. Metode pembelajaran Learning By playing adalah suatu metode edukasi bermain terarah dan terencana, dimana anak tetap bermain namun masih terdapt unsure-unsur edukasi yang diajarkan di dalam edukasi permainan interaktif. Proses belajar sambil bermain dapat membantu anak untuk berkpikir belajar dan mencoba mengetahui tentang apa yang di temui disekitar atau saat berinteraksi. Pembelajaran interaktif learning by playing dapat mempermudah proses belajar mengajar anak pada usia dini khususnya TPI, karena dapat menarik minat sehingga tujuan instruksional khusus dapat dilaksanakan dengan baik.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amang Kubuwono (09510160057)
Uncontrolled Keywords: Interactive Learning Application , Bahasa Arab, Learning By Playing
Dewey Decimal Classification: 400 – Language > 420 English & Old English > 429 Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > D4 Produksi Film dan Televisi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 12 May 2020 06:37
Last Modified: 12 May 2020 06:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4668

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item