TA : Penciptaan City Branding Melalui Maskot sebagai Upaya Mempromosikan Kabupaten Lumajang

Lauwrentius, Stephen (2015) TA : Penciptaan City Branding Melalui Maskot sebagai Upaya Mempromosikan Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
11420100012-2015-STIKOMSURABAYA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Berbagai bidang memandang brand dari sudut pandangnya masing-masing, antara lain bisnis dan keuangan, marketing, advertising, sales, promotion, public relation, komunikasi, desain grafis, semiotika, psikologi, statistic, antropologi, sosiologi, dan lain-lain. Sedangkan di masyarakat umum, brand secara populer dianggap sebagai logo, merek, atau nama entitas. Semua bersifat fisik semata. Padahal sebenarnya brand lebih merupakan rangkuman pengalaman dan asosiasi terhadap sebuah entitas, jadi jauh lebih dalam dari sekedar fisik saja. Sedangkan branding adalah kegiatan membangun sebuah brand. Membuat identitas, termasuk logo, merupakan salah satu kegiatan branding. Membangun brand sebuah kota berarti membangun identitas kota tersebut. Identitas, citra, dan komunikasi adalah 3 (tiga) komponen penting dalam brand kota. Namun selama ini brand kota lebih banyak memberikan ruang baik kepada citra maupun komunikasi dalam rangka pembentukan citra tersebut. Padahal citra yang dikomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan kota harus memiliki identitas yang nyata-nyata dimiliki oleh kota tersebut. Untuk itu dibuatlah maskot ini. Maskot merupakan salah satu elemen (pictorial mark) dari brand identity. Maskot adalah personifikasi dari brand dalam wujud karakter tertentu dengan sifat dan ciri khas yang mewakili brand tersebut. Maskot mampu menjembatani antara brand dengan target audiens. Maskot juga mampu menggambarkan sebuah kota, filosofi, membawa gambaran visi dan misi, serta mampu menjadi bagian dari dari publik itu sendiri. Kabupaten Lumajang merupakan salah satu daerah dengan potensi kekayaan alam yang luar biasa. Keindahan alamnya menjadikan Lumajang sebagai salah satu daerah dengan keindahan alam terbaik di pulau Jawa. Keindahan alamnya banyak menyedot para wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal namun juga misatawan mancanegara. Kabupaten ini menjadi semakin menarik dengan kekayaan wisata budaya dan religinya. Untuk itulah pembuatan maskot ini diharapkan mampu memperkenalkan tentang kabupaten Lumajang dan mempromosikan potensi yang dimiliki kabupaten Lumajang.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Stephen Lauwrentius (11420100012)
Uncontrolled Keywords: city branding, maskot, media promosi, wisata
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 15 May 2020 09:17
Last Modified: 15 May 2020 09:17
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4707

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item