TA : Rancang Bangun Aplikasi Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada UPT. PPPK Dinas Pendidikan Jawa Timur

Ifani, Ika Sustianing (2015) TA : Rancang Bangun Aplikasi Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada UPT. PPPK Dinas Pendidikan Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

[img]
Preview
Text
12410100222-2015-STIKOMSURABAYA.pdf - Accepted Version

Download--- (188kB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Unit pelaksana teknis pelatihan dan pengembangan pendidikan kejuruan (UPT. PPPK) Jatim mempunyai salah satu tugas yaitu melaksanakan pelatihan. Dalam melaksanakan tugas tersebut UPT. PPPK Jatim menjalankan prosedur pengukuran kepuasan pelanggan. Dalam melaksanakan prosedur tersebut mengalami beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut adalah mengenai variabel kuesioner saat ini masih bersifat statis, keterlambatan menganalisis hasil kuesioner dikarenakan menunggu proses merekap jawaban kuesioner dan dalam proses menganalisis membutuhkan waktu selama 2 hari. Akibat keterlambatan menganalisis kuesioner untuk proses memberikan masukan perbaikan layanan yang dilakukan oleh Kepala MR menjadi terlambat dan kepuasan pelanggan menjadi tidak tercapai. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan aplikasi analisis kepuasan pelanggan. Dengan dibangunnya aplikasi ini dapat membantu proses penyusunan kuesioner yang menggunakan metode service quality untuk menyusun variabel kuesioner secara dinamis sedangkan metode regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis karakteristik peserta pelatihan dan menganalisis kepuasan peserta pelatihan pada layanan pelatihan dan layanan asrama di UPT. PPPK Jatim. Berdasarkan hasil uji coba aplikasi yang menggunakan sampel 67 responden diperoleh hasil untuk layanan pelatihan, dimensi kualitas layanan tangibles, assurance dan emphaty mempunyai pengaruh yang besar terhadap layanan UPT. PPPK Jatim. Nilai pengaruh kualitas pelayanan ini dapat dijadikan UPT. PPPK Jatim sebagai acuan dalam meningkatkan kepuasan peserta pelatihan selanjutnya. Dari hasil uji coba aplikasi tersebut dapat diberikan saran yaitu pegembangan aplikasi menggunakan platform mobile phone, pelengkapan fasilitas pengiriman laporan langsung melalui e-mail dan pengembangan aplikasi dapat diterapkan pada layanan lainnya yang ada di UPT. PPPK Jatim.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ika Sustianing Ifani (12410100222)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Kepuasan Pelanggan, Regresi Linier Berganda, Service Quality
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 18 May 2020 09:52
Last Modified: 18 May 2020 09:52
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4722

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item