Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi

Wardhanie, Ayouvi Poerna ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6097-3339 and Kumalawati, Deasy ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0415-4130 (2018) Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14 (2). pp. 124-132. ISSN 1693-7740

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Search this title on : |

Abstract

Pendahuluan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis bisnis model canvas yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Stikom Surabaya dengan menggunakan sembilan elemen bisnis model canvas yaitu customer segments, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Metode penelitian. Bersifat deskriptif kualitatif, untuk mencari informasi faktual yang detail tentang masalah atau praktik yang terjadi di lapangan. Hasil dan Pembahasan. Berdasarkan pengamatan, hasil analisa menunjukkan bahwa seluruh sivitas akademika dan masyarakat umum dapat dilayani. Value yang ditawarkan yaitu layanan berbasis teknologi dan kenyamanan pengunjung. Channel yang disediakan ialah website, email, media sosial dan keberadaan staf, Hubungan yang dibangun adalah Personal Assistance dan Self Service. Perpustakaan Stikom Surabaya tidak memiliki sumber penghasilan sendiri karena merupakan organisasi non profit perguruan tinggi. Sumber daya kuncinya manusia, teknologi dan fasilitas. Aktivitas kuncinya yakni penyedia learning commons, Mitra bisnisnya terdiri atas mitra internal maupun eksternal, Biaya yang dikeluarkan cenderung value driven di mana fokus pada pemberian pelayanan premium. Kesimpulan dan Saran. Perpustakaan Stikom Surabaya ingin mewujudkan visinya sebagai learning commons dan pusat informasi yang unggul dan berkualitas, dengan menyediakan saluran informasi dan komunikasi yang lengkap, cepat dan mudah sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan customer segments.


Export Record


Item Type: Article
Additional Information: Ayouvi Poerna Wardhanie, Deasy Kumalawati
Uncontrolled Keywords: Model Bisnis Canvas; Perpustakaan; Kualitas.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Perpustakaan > Journals
Depositing User: Ayouvi Poerna Wardhanie
Date Deposited: 29 May 2020 11:21
Last Modified: 23 Jul 2023 17:19
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4776

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item