TA : Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis Website pada SMA Gracia Surabaya Menggunakan Metode 360 Derajat

Leonardo, Musa Christopher (2020) TA : Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis Website pada SMA Gracia Surabaya Menggunakan Metode 360 Derajat. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100005-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
16410100005-2020-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Search this title on : |

Abstract

SMA Gracia Surabaya merupakan Sekolah Menengah Atas yang terletak di daerah Gubeng Pojok, Surabaya. SMA Gracia dikelola oleh pihak swasta dibawah naungan yayasan Pelita Nusantara. Pada saat ini SMA Gracia belum memiliki penilaian kinerja guru, selain itu, kenaikan pangkat guru tidak dijelaskan secara detail. Berdasarkan data yang diambil penulis ke beberapa guru dan siswa pada SMA Gracia, sebanyak 30 responden dari total 32 responden atau 96% responde mengatakan bahwa penilaian kinerja guru itu penting dan untuk saat ini kinerja guru SMA Gracia yang dapat dikatakan baik hanya mencapai nilai 68% sisanya mengatakan kinerja guru masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan lagi dalam hal kinerja guru agar lebih baik. Dampak dari permasalahan tersebut adalah kemungkinan terjadi kesalahan dan juga penilaian yang bersifat subjektif apabila penilaian dilakukan manual, pengajaran yang dilakukan oleh guru kurang memperhatikan kompetensi yang telah ditetapkan pemerintah serta terjadinya kesalahan persepsi terhadap guru yang mengalami kenaikan pangkat atau pemberian bonus karena tidak adanya data kinerja guru. Berdasarkan masalah tersebut, SMA Gracia membutuhkan suatu sistem penilaian kinerja guru yang objektif dan transparan, maka dibuatkan suatu perancangan aplikasi penilaian kinerja guru berbasis website dengan menggunakan metode 360 derajat, untuk membantu dalam melaksanakan proses penilaian kinerja guru secara terkomputerisasi, sehingga terjadi evaluasi terhadap kinerja guru. Penilaian ini juga berlandaskan suatu kompetensi, yakni Permendiknas No. 16 Tahun 2007 mengenai standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Dengan menggunakan metode 360 derajat proses penilaian kinerja guru melibatkan beberapa pihak sebagai penilai diantaranya kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sebagai atasan, guru sebagai rekan kerja, guru sebagai diri sendiri, dan juga siswa. Dari hasil uji coba, bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menangani proses penilaian kinerja guru dengan metode 360 derajat. Selain itu, aplikasi ini dapat menghasilkan laporan kinerja dengan lebih cepat dan akurat, karena penilaian sudah terkomputerisasi, dan terakhir pemberian informasi di dashboard berupa grafik mengenai 5 guru dengan nilai tertinggi dan 5 guru dengan nilai terendah yang dapat membantu atasan dalam pemberian bonus/pelatihan kepada guru dengan lebih transparan, sehingga kesalahan persepsi guru dapat dihindari.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Musa Christopher Leonardo (16410100005)
Uncontrolled Keywords: aplikasi penilaian kinerja guru, 360 derajat, evaluasi kinerja
Dewey Decimal Classification: 300 – Social sciences > 370 Education > 371 Schools & their activities; special education
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Musa Christopher Leonardo
Date Deposited: 09 Sep 2020 11:14
Last Modified: 09 Sep 2020 11:14
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5231

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item