Syaputra, Tegar Ramdhani Heryn (2020) TA : Rancang Bangun Sistem Informasi "IT Helpdesk" Berbasis Website pada PT. Pelindo Marine Service. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.
|
Text
15410100133-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
15410100133-2020-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (690kB) |
Search this title on : |
Abstract
PT Pelindo Marine Service merupakan perusahaan penyelenggara jasa kepelabuhanan. PT PMS sebagai entitas perusahaan memiliki fungsi usaha mandiri yang bergerak di bidang angkutan di perairan, perkapalan dan industri kemaritiman lainnya. Dalam mengelola suatu perusahaan diperlukan suatu sistem bantu untuk pelaporan kerusakan terutama pada Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Suatu permasalahan atau kerusakan yang terjadi pada perangkat TIK dapat mengakibatkan terhambatnya kegiatan operasional perusahaan seperti pelayanan terhadap customer maupun proses bisnis. Setiap permasalahan atau kerusakan yang terjadi harus ditangani dengan cepat dan tepat. Pemilihan prioritas penanganan juga harus dilakukan sesuai prosedur dan aturan yang telah ditetapkan oleh PT PMS. Aturan tersebut meliputi aturan mengenai faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan prioritas permasalahan dan tujuan untuk meratakan beban kerja staff Divisi APTI. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibutuhkan suatu sistem IT Helpdesk yang dapat memberikan solusi pada Divisi APTI dalam melakukan penanganan terhadap permasalahan TIK. Aplikasi IT Helpdesk yang dibangun menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas penanganan utama dengan perhitungan yang terdiri atas nilai kriteria, nilai alternatif, dan hasil nilai bobot untuk merekomendasi aduan yang harus ditangani. Sistem ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola aduan dan meratakan beban kerja staff serta menangani seluruh proses prioritas penanganan aduan permasalahan atau kerusakan terhadap perangkat TIK berdasarkan kriteria masing- masing kerusakan. Hasil uji coba menggunakan black-box testing untuk membuktikan aplikasi berjalan lancar sesuai kebutuhan. Metode AHP untuk proses perangkingan menghasilkan rekomendasi aduan yang harus ditangani lebih dulu.
Export Record
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Tegar Ramdhani Heryn Syaputra (15410100133) |
Uncontrolled Keywords: | Prioritas Penanganan, IT Helpdesk, AHP (Analytichal Hierarchy Process), Pelaporan Kerusakan |
Dewey Decimal Classification: | 000 – Computer science, information & general works > 000 Computer science, knowledge & systems > 006 Special computer methods |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Tegar Ramdhani Heryn Syaputra |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 13:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 13:41 |
THESIS ADVISORS: |
1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
|
URI: | http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5240 |
Download Statistics
Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Actions (login required)
View Item |