TA: Perancangan Destination Branding Desa Wisata Sajang Lombok sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Fauzi, Muhammad Yusron (2020) TA: Perancangan Destination Branding Desa Wisata Sajang Lombok sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16420100067-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
16420100067-2020-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (899kB)

Search this title on : |

Abstract

Desa Sajang adalah desa yang berlokasi di kecamatan Sembalun kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Sajang memiliki beragam jenis destinasi wisata, mulai dari wisata alamnya yang terdiri dari air terjun dan bukit, hingga agrowisata kopi Sajangnya yang masih autentik. Namun, karena desa wisata Sajang baru diperkenalkan secara resmi di awal tahun 2019, maka kendala utama dari pengembangan desa wisata tersebut adalah daya tariknya yang masih rendah, sehingga pengunjung yang datang pun masih sedikit. Dari data tersebut, didapatkan solusinya yaitu mengubah citra desa wisata Sajang menjadi kuat. Dengan upaya memperkenalkan desa Sajang maka dilakukan sebuah cara destination branding untuk mengemas desa Sajang sebagai lokasi desa wisata. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan perancangan destination branding untuk meningkatkan brand awareness Desa Sajang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bersumber dari wawancara, observasi, dokumentasi, studi literatur dan studi kompetitor. Dari analisis tersebut, maka ditemukan kata kunci yaitu ‘beyond’, yakni perancangan branding ke depannya akan menampilkan citra ‘beyond’ yang menggambarkan penjelajahan wisata di desa Sajang yang beragam dapat dikenang kapan saja serta tidak lah cukup bila dieksplorasi hanya dalam waktu singkat. Citra desa wisata Sajang juga diperkuat melalui tagline yang bersifat persuasif, ‘beyond exploration’ yakni mengajak turis agar ikut serta untuk menjelajahi desa wisata Sajang lebih dalam. Keyword ‘beyond’ berkaitan dengan kata ‘melampaui’ sehingga ditemukan warna ‘active’ yang menjadi dasar perancangan dalam destination branding. Hasil perancangan ini diimplementasikan menjadi beberapa media yaitu graphic standard manual, stationery, merchandise dan media promosi.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Yusron Fauzi (16420100067)
Uncontrolled Keywords: desain komunikasi visual, branding, destination branding, brand awareness, desa, lombok
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Yusron Fauzi
Date Deposited: 09 Sep 2020 12:38
Last Modified: 10 Sep 2020 14:44
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5241

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item