TA : Penerapan Gamification pada Sistem Informasi Orientasi Kehidupan dan Kampus Berbasis Dashboard pada Universitas Dinamika

Abidin, Muhammad Syifaul Fuadi Zainal (2020) TA : Penerapan Gamification pada Sistem Informasi Orientasi Kehidupan dan Kampus Berbasis Dashboard pada Universitas Dinamika. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100114-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
14610100114-2020-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Kegiatan Orientasi Kehidupan dan Kampus sangat penting bagi mahasiswa baru untuk membentuk karakter dan pengenalan lingkungan kampus yang relatif baru. Kegiatan Orientasi Kehidupan dan Kampus adalah salah satu program wajib yang dimiliki oleh Bagian Kemahasiswaan. Permasalahan yang timbul adalah sebelum melakukan kegiatan OKK Bagian Kemahasiswaan akan mencari kandidat panitia OKK melalui Link yang di bagikan melalui media sosial. Setelah itu mahasiswa yang ingin mendaftar mengisi form di link pendaftaran tersebut dan juga mengambil form nilai dan keterangan mahasiswa aktif di bagian AAK. Pada Kegiatan OKK, Panitia OKK yang telah terpilih menjadi Kolega Senior akan diberikan tanggung jawab untuk absensi mahasiswa baru dan juga memberikan nilai atas keaktifan selama kegiatan OKK dan juga nilai tugas yang telah dikumpulkan. Akan tetapi semua masih manual, panitia OKK harus input nilai mahasiswa baru ke excel dan juga membuka email untuk cek tugas dari mahasiswa baru tersebut. Solusi dari permasalahan di atas adalah menghasilkan sebuah aplikasi yang menerapkan gamification pada sistem informasi orientasi kehidupan dan kampus berbasis dashboard pada Universitas Dinamika untuk memudahkan mahasiswa dalam mendaftar panitia OKK, memudahkan panitia OKK dalam input point dan Bagian Kemahasiswaan dalam controlling panitia OKK dan mahasiswa baru. Mahasiswa Baru akan mendapatkan point ketika upload tugas, mengikuti kegiatan OKK , dan mengerjakan tugas yang telah diberikan. Berdasarkan hasil implementasi dan evaluasi pada aplikasi penerapan gamification pada sistem informasi orientasi kehidupan dan kampus berbasis dashboard pada Universitas Dinamika kesimpulan yang dapat ditarik adalah aplikasi dapat digunakan panitia OKK untuk create user mahasiswa baru, input point untuk mahasiswa baru, upload berkas, dan menerima berkas dari mahasiswa baru. Selain itu mahasiswa baru dapat melihat leaderboard point yang didapat.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muhammad Syifaul Fuadi Zainal Abidin (16410100114)
Uncontrolled Keywords: Gamification, Orientasi Kehidupan dan Kampus, Dashboard
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Syifaul Fuadi Zainal Abidin
Date Deposited: 11 Sep 2020 09:05
Last Modified: 11 Sep 2020 09:05
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5248

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item