TA: Perancangan Destination Branding Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Harisaputra, Ilham Lazuardhy (2021) TA: Perancangan Destination Branding Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16420100064-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
16420100064-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Desa Sekapuk merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Ujungpangkah yang letaknya di bagian utara Kabupaten Gresik. Desa ini memiliki berbagai potensi dari bentuk kearifan lokal, tradisi budaya, hasil pertanian dan hasil perindustrian hingga keindahan alam khas gunung kapur yang menjadi iconic di desa tersebut. Identitas Desa Sekapuk masih sering menggunakan logo wisata SETIGI dan logo Sekapuk dari pemerintah daerah. Belum adanya identitas visual yang mencitrakan desa Sekapuk sebagai desa yang memiliki potensi wisata sehingga kurangnya konsisten pada penerapan identitas visual. Oleh karena itu, Desa Sekapuk membutuhkan suatu perancangan destination branding dengan melakukan sebuah rancangan identitas visual seperti logo dan implementasi desain beserta media promosi yang akan membuat calon wisatawan lebih mengenal Desa Sekapuk sebagai desa wisata dan para wisatawan yang sudah pernah datang ke Desa Sekapuk mendapatkan nilai memorable yang dapat membedakan dari desa lainnya. Dari permasalahan tersebut, dilakukanlah perancangan destination branding Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang berasal dari berbagai tahap dan penggunaan konsep pada penelitan yaitu “togetherness” yang berarti kebersamaan dan kekompakan, menjadikan perancangan destination branding Desa Sekapuk sebagai desa wisata yang berkembang dan bangkit bersama serta menunjukan kerukunan masyarakat desa dan karakteristik serta berbagai potensi Desa Sekapuk. Implementasi dari perancangan destination branding Desa Sekapuk di aplikasikan pada identitas visual Desa Sekapuk yang terdiri dari logo, tagline, warna, tipografi, elemen supergrafis, dan layout yang didasari dari konsep yang diangkat, beserta implementasi desain lainnya berupa media promosi seperti brosur, billboard, xbanner, kaos, mug dan pin, serta diimplementasikan pada stationary set dan merchandise. Kata Kunci: Desa Sekapuk, Destination Branding, Brand Awareness


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ilham Lazuardhy Harisaputra (16420100064)
Uncontrolled Keywords: Desa Sekapuk, Destination Branding, Brand Awareness
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Ilham Lazuardhy Harisaputra
Date Deposited: 17 Feb 2021 15:05
Last Modified: 17 Feb 2021 15:05
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item View Item