Karakteristik Pemahaman Konsep Pembagian Pada Siswa Visual

Hartati, Sulis Janu (2012) Karakteristik Pemahaman Konsep Pembagian Pada Siswa Visual. In: Seminar Nasional Sistem & Teknologi Informasi (SNASTI) 2012, 04 Oktober 2012, Surabaya.

[img] Text
2012-LL-21.pdf - Published Version

Download (640kB)

Search this title on : |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pemahaman konsep pembagian pada siswa visual. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan secara eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa SD yang mempunyai gaya belajar visual. Kepada subjek diberikan empat soal yang memuat pembagian. Berdasar hasil pekerjaan subjek dilakukan wawancara mendalam untuk menemukan karakteristik pemahaman konsep pembagian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pemahaman konsep pembagian pada subjek meliputi (1) sikap subjek selama mengenali serta menyelesaikan soal terlihat tenang sambil melihat lembar kerja, (2) cara subjek mengenali serta menyelesaikan soal pembagian dengan mengaitkan objek matetatika pada soal dan skemanya. Pada skema subjek ditemukan 17 keterkaitan serta tujuh pengertian operasi pembagian.


Export Record


Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN : 978-979-8968-35-8
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pembagian, Gaya Belajar Visual, Keterkaitan, Skema
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Seminar Nasional Sistem & Teknologi Informasi (SNASTI) 2012
Depositing User: Agung P. W.
Date Deposited: 03 Sep 2014 10:45
Last Modified: 03 Sep 2014 10:45
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/549

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item