TA : Perancangan Destination Branding Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat sebagai Upaya meningkatkan Brand Awareness

Hutauruk, Sophia Priscila (2021) TA : Perancangan Destination Branding Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat sebagai Upaya meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16420100045-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
16420100045-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Search this title on : |

Abstract

Ekowisata Tangkahan berada di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tangkahan mendapat julukan The Hidden Paradise in Sumatera karena letaknya yang berada di tengah hutan tropis Sumatera Utara. Tidak hanya itu, Kawasan ekowisata Tangkahan ini berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Tangkahan memiliki banyak daya tarik, dari air terjun Tangkahan, river tubbing, trekking, Sungai Batang, Sungai Buluh, dan yang menjadi unggulan yaitu washing, grazing, dan trekking dari pusat konservasi gajah liar atau Elephant Sanctuary di Tangkahan. Sayangnya, masyarakat Sumatera Utara masih ada yang belum mengetahui tentang ekowisata Tangkahan ini. Tidak hanya itu, ekowisata Tangkahan ini ternyata memiliki angka kunjungan yang belum stabil. Ke-ekowisataannya juga mulai terkikis. Melalui problem yang ada, ekowisata Tangkahan membutuhkan destination branding sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Mengenalkan kepada wisatawan bahwa beberapa kegiatannya dibatasi jumlah pengunjungnya sebagai upaya menjaga kelestarian alam juga akan dilakukan demi menjaga kelestarian alam Ekowisata Tangkahan. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam perancangan ini dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Dari pengolahan hasil, didapat keyword “expedition”. Keyword Expedition mewakili ekowisata Tangkahan, dimana tempatnya memang belum terlalu dikenal oleh wisatawan, namun dapat menimbulkan rasa ingin tahu tentang ekowisata Tangkahan, sehingga wisatawan ingin berkunjung langsung untuk menikmati keindahan alamnya yang masih asri. Hasil dari perancangan berupa logo dan selanjutnya diimplementasikan pada media utama yaitu Graphic Standard Manual dan media pendukung seperti media promosi (brosur, website, x-banner, billboard, media sosial, vehicle, signage), merchandise (totebag, bucket hat, flask water bottle, cap, kaos, postcard), dan stationery set (kartu nama, kop surat, dan amplop). Kata Kunci: Destination Branding, Brand Awareness, Ekowisata Tangkahan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sophia Priscila Hutauruk (16420100045)
Uncontrolled Keywords: Destination Branding, Brand Awareness, Ekowisata Tangkahan.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Desain dan Industri Kreatif > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Sophia Priscila Hutauruk
Date Deposited: 17 Feb 2021 15:55
Last Modified: 17 Feb 2021 15:55
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5492

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item