TA : Penerapan Konsep Gamification pada Pembuatan Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Pelindo Daya Sejahtera Berbasis Website

Nurmatin, Akbar (2021) TA : Penerapan Konsep Gamification pada Pembuatan Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Pelindo Daya Sejahtera Berbasis Website. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100070-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
16410100070-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Search this title on : |

Abstract

PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) sebagai salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III yang berada di Jalan Perak Timur 620 Surabaya dan berdiri pada tahun 2008. PT PDS berupaya untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan, dengan melakukan penilaian kinerja karyawan yang berguna bagi manajer untuk mengevaluasi kinerja, memberikan reward, dan kenaikan jabatan struktural. Saat ini proses penilaian kinerja karyawan menggunakan kertas form penilaian yang menyebabkan waktu lama sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap satu karyawan. Penggunaan aplikasi penilaian kinerja dapat memotong waktu menjadi 5 menit setiap 1 karyawan. Penelitian dengan judul “Penerapan Konsep Gamification Pada Pembuatan Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan PT Pelindo Daya Sejahtera Berbasis Website”. Penelitian ini menerapkan konsep gamification dan menggunakan metode penilaian 360 derajat yang dapat menilai dari sisi atasan, bawahan, rekan kerja dan diri sendiri. Adapun sumber data dan Standard Operating Procedures (SOP) penilaian yang digunakan adalah data-data dan SOP PT PDS. Metode penelitian diawali dari communication, planning, modelling, contruction hingga deployment. Communication Phase menghasilkan hasil Analisa adanya kebutuhan aplikasi penilaian kinerja dengan menerapkan konsep gamification dan metode penilaian 360 derajat. Tahap planning merancang konsep gamification untuk mo=emotivasi kinerja karyawan, elemen yang digunakan yaitu: 1) Points merupakan hal penting untuk dijadikan acuan level setiap karyawan, 2) Challenge untuk memberikan tantangan, 3) Leaderboards untuk mengetahui peringkat skor karyawan dari terendah hingga tertinggi, sehingga memacu karyawan untuk menempati posisi peringkat tertinggi dan 4) Character untuk menunjukan sifat seseorang dalam memilih character yang ada. Tahap Modelling menghasilkan rancangan system flow, hingga desain antar muka. Berdasarkan hasil Construction dan deployment, aplikasi penilaian kinerja berbasis website dengan menerapkan gamification dapat membantu manajer untuk memberikan reward kepada karyawan, dapat digunakan sebagai pengangkatan jabatan struktural dan mengevaluasi kinerja karyawan. Dari hasil uji coba fungsionalitas dengan rincian 82 valid dan 2 valid. Tingkat keberhasilan pengujian fungsionalitas pengujian black box sebesar 94% yang menunjukkan aplikasi masih normal dan layak digunakan. Serta, Uji Coba pada pengguna menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS) memperoleh nilai skor SUS rata-rata 84.9 dengan predikat “Good”.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Akbar Nurmatin (16410100070)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Penilaian Kinerja, Gamification, 360 Derajat, PT PDS
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Akbar Nurmatin
Date Deposited: 22 Feb 2021 14:11
Last Modified: 22 Feb 2021 14:11
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5510

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item