TA : Perancangan Business Model Financial Technology Menggunakan Business Model Canvas Berdasarkan Consumption Values Model (Studi Kasus Pengguna Aplikasi OVO Kota Surabaya)

Novianti, Fenty Dwi (2021) TA : Perancangan Business Model Financial Technology Menggunakan Business Model Canvas Berdasarkan Consumption Values Model (Studi Kasus Pengguna Aplikasi OVO Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100143-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
16410100143-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Search this title on : |

Abstract

Semakin berkembangnya e-business menyebabkan munculnya bisnis model baru yaitu Financial Technology yang membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan layanan transaksi keuangan secara cepat dan mudah. Namun, tidak banyak perusahaan mengetahui bagaimana merancang model bisnis khususnya fintech yang benar. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang business model financial technology menggunakan business model canvas berdasarkan consumption values studi kasus pada pengguna aplikasi OVO di kota Surabaya. Pada Business Model Canvas mempunyai 9 elemen yang akan digunakan yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure, sedangkan Consumption Value mempunyai 5 elemen yang akan digunakan yaitu Nilai Fungsional, Nilai Sosial, Nilai Emosional, Nilai Epistemik, dan Nilai Kondisional. Pada penelitian ini, OVO digunakan sebagai objek penelitian karena merupakan salah satu fintech yang sukses di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 100 responden dan teknik untuk menganalisa data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai Fungsional signifikan terhadap keseluruhan dari sembilan elemen dalam BMC, sedangkan Nilai Sosial signifikan terhadap Channels, Nilai Emosional signifikan Key Resources dan Key Activities, Nilai Epistemik signifikan terhadap Channels dan Customer Relationships, Nilai Kondisional signifikan terhadap Customer Segments, Value Propositions, Key Resources dan Key Partnerships.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fenty Dwi Novianti (16410100143)
Uncontrolled Keywords: Financial Technology, OVO, Business Model Canvas, Consumption Values Model
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Fenty Dwi Novianti
Date Deposited: 24 Feb 2021 09:57
Last Modified: 24 Feb 2021 09:57
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5535

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item