TA : Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Mobil pada Auto 2000 Kenjeran Surabaya Menggunakan Metode Rule-Based System

Hikam, Dicky Sirojul (2021) TA : Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Mobil pada Auto 2000 Kenjeran Surabaya Menggunakan Metode Rule-Based System. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100163-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16410100163-2021-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Auto 2000 merupakan jaringan jasa penjualan, perbaikan, penyedia suku cadang Toyota, dan perawatan yang manajement ditangani sepenuhnya oleh sebuah perusahaan PT. Astra Internasional Tbk. Auto 2000 saat ini merupakan perusahaan otomotif yang terbesar di Indonesia yang menguasai kurang lebih 42% dari total penjualan Toyota. Auto 2000 terdapat sebuah bengkel yang akan melayani atau memenuhi keluhan pelanggan yang terdapat pada mobil dengan merek Toyota. Saat ini yang terjadi pada Auto 2000 Kenjeran khususnya pada bagian bengkel bagian Service Advisor (SA) masih mencari-cari solusi atau tindakan apabila terjadi masalah pada mobil. Waktu tunggu pelanggan saat ini menjadi lama dikarnakan terjadinya kesalahan diagnosis kerusakan oleh SA dan akan dikembalikan oleh ke pihak SA untuk dilakukan pengecekan ulang kerusakan yang terjadi pada mobil pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka dibuatkan sebuah aplikasi diagnosis mobil yang dapat memudahkan SA dalam melakukan diagnosis kerusakan mobil sehingga waktu tunggu pelanggan tidak lama. Aplikasi ini menggunakan metode rule-based system dengan model forward chaining. Model tersebut digunakan pada aplikasi dikarenakan tingkat keakuratan untuk menentukan kerusakan mobil tepat atau sesuai dengan aturan yang sudah dibuat. Selain itu, pada saat hasil diagnosis kerusakan mobil juga tertera solusi yang harus dilakukan ketika terjadi kerusakan tersebut. Dengan demikian, waktu tunggu pelanggan bisa diminimalkan dengan adanya aplikasi. Hasil kuisioner dari setiap jabatan sebagai berikut, kepala bengkel mendapatkan hasil 100% dengan presentase nilai sangat sesuai, PTM mendapatkan hasil 100% dengan presentase nilai sangat sesuai, FO mendapatkan hasil 96.66% dengan presentase nilai sangat sesuai, SA mendapatkan hasil 99.16% dengan presentase nilai masuk ke dalam kategori sangat sesuai. Secara keseluruhan, aplikasi mendapatkan hasil 99.10% yang artinya aplikasi masuk ke dalam kategori sangat sesuai dengan kebutuhan pihak auto 2000.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dicky Sirojul Hikam (16410100163)
Uncontrolled Keywords: Auto 2000, Rule-Based System, Service Advisor, Otomotif, forward chaining
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 620 Engineering & Applied operations > 620 Engineering & allied operations
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Dicky Sirojul Hikam
Date Deposited: 26 Feb 2021 08:11
Last Modified: 26 Feb 2021 08:11
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item