TA : Analisis Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Transaksi E-toll Menggunakan Metode IT Balanced Scorecard pada PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol

Shiba, Sarah Hasna (2021) TA : Analisis Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi Transaksi E-toll Menggunakan Metode IT Balanced Scorecard pada PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
15410100038-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15410100038-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Search this title on : |

Abstract

Unit teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung proses bisnis pada suatu perusahaan, salah satunya adalah PT Jasa Marga. PT Jasa Marga sebagai penyedia jalan bebas hambatan telah memberlakukan pembayaran non-tunai yaitu Electronic Toll (E-toll). Adanya pembaharuan sistem transaksi pada jalan tol masih ada permasalahan yang terjadi pada transaksi E-toll. Permasalahan yang ada pada transaksi E-toll meliputi, Portal rusak, Reader Error, Lane Printer, Toll Collector Terminal, Automatic Line Barrier, OBS rusak, Customer Display Panel dan Pultol Identity Display (Data kerusakan, 2018). Sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja teknologi informasi transaksi E-toll pada PT Jasa Marga cabang Surabaya-Gempol dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard (IT BSC). IT BSC akan mengukur kinerja departemen TI dari empat perspektif, yaitu Kontribusi Perusahaan, Orientasi Pengguna, Penyempurnaan Operasional dan Orientasi Masa Depan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan metode gabungan antara metode kualitatif dengan kuantitatif yang menunjukkan bahwa PT Jasa Marga khususnya Tol Surabaya- Gempol telah memenuhi 2 perspektif berkategori baik pada perspektif kontribusi perusahaan dan perspektif penyempurnaan operasional serta 2 perspektif berkategori cukup pada perspektif orientasi pengguna dan perspektif orientasi masa depan.


Export Record


Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sarah Hasna Shiba (15410100038)
Uncontrolled Keywords: IT Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja IT, Transaksi E-toll.
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 650 Management & auxiliary services
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Sarah Hasna Shiba
Date Deposited: 02 Mar 2021 10:34
Last Modified: 15 Oct 2021 08:37
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5562

Download Statistics

Downloads over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

View more statistics

Actions (login required)

View Item   View Item