TA : Penerapan Gamification Leaderboards & Collecting Point pada Rancang Bangun Sistem Pemasaran Produk sebagai Pendukung Proses Bisnis Pemasaran UD Sumber Lancar

Hikmah, Amirotul (2021) TA : Penerapan Gamification Leaderboards & Collecting Point pada Rancang Bangun Sistem Pemasaran Produk sebagai Pendukung Proses Bisnis Pemasaran UD Sumber Lancar. Undergraduate thesis, Universitas Dinamika.

[img]
Preview
Text
16410100145-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
16410100145-2021-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

UD. Sumber Lancar adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang produksi aksesoris dan spare part sepeda motor. Proses bisnis pemasaran produk pada UD. Sumber Lancar adalah pelanggan atau sales toko aksesoris dan spare part sepeda motor datang langsung untuk melakukan transaksi pembelian barang secara grosir maupun eceran. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah terjadinya penurunan pelanggan dari bulan ke bulan, apalagi terjadinya masa pandemi corona yang harus mewajibkan PSBB sehingga mengakibatkan penurunan pemasaran produk dikarenakan pemasaran konvensional yang langsung datang ke perusahaan. Serta data pemasaran terdapat perbedaan pada pemasaran online melalui marketplace dan offline, pemasaran online lebih banyak daripada offline sehingga Perusahaan mengembangkan usahanya tidak hanya melalui marketplace tetapi juga menyediakan website transaksi untuk pemasaran. Solusi yang ditawarkan adalah aplikasi sistem pemasaran produk dengan menerapkan metode gamification yang berfokus pada leaderboards dan Collecting point. Pengembangan sistem menggunakan system development life cycle (SDLC) yang terdapat empat proses yaitu communication, planning, construction, dan deployment. Hasil yang didapatkan berupa aplikasi pemasaran yang memberikan pilihan kepada Pelanggan melakukan transaksi datang ke perusahaan atau dikirimkan, serta aplikasi ini menerapkan gamifications dengan menggunakan elemen leaderboards dan collection point. Poin yang didapatkan ditukarkan dengan kupon potongan sehingga pada saat melakukan pemesanan Pelanggan mendapatkan potongan harga. Hasil uji coba yang telah dilakukan, sistem sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna yang telah dirancang.


Export Record



Statistic

IRStats Detail StatisticView more statistics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amirotul Hikmah (16410100145)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Sistem Pemasaran Produk, Gamifications
Dewey Decimal Classification: 600 – Technology > 650 Management & auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Teknologi dan Informatika > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Amirotul Hikmah
Date Deposited: 08 Mar 2021 13:02
Last Modified: 08 Mar 2021 13:02
THESIS ADVISORS: 1. UNSPECIFIED (NIDN : UNSPECIFIED)
URI: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item